PALEMBANG — Pasca ditundanya jadwal Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Penjabat Bupati Musi Banyuasin yang dijadwalkan di Lapangan Stable Berkuda Sekayu, Senin (16/1/2017) pukul 10.00 lalu. Kini tersiar kabar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumsel, Yusnin SSos MSi bakal dilantik, Senin (23/1).

Namun hal tersebut langsung dibantah oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Sumsel Drs H Amsin Djauhari. Saat dikonfirmasi laskarwongkito.com, dirinya mengaku belum mengetahui beredarnya kabar jika Yusnin bakal dilantik sebagai Penjabat Bupati Muba, Senin (23/1).

“Dak katek kabar itu. Sampai sekarang kita tidak tahu (adanya kabar pelantikan). Belum, belumlah,” kata Amsin.

Memang, dari agenda kegiatan Pemprov Sumsel memang belum tercantum adanya jadwal pelantikan Penjabat Bupati Muba tersebut.

Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH ada agenda mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Istana Negara Jakarta, pukul 09.00.

Wakil Gubernur Sumsel Ir H Ishak Mekki MM pun dijadwalkan mengikuti agenda

Rapat Paripurna XXII DPRD Prov. Sumsel dengan agenda Tanggapan dan/Atau Jawaban Gubernur Sumsel terhadap 6 (Enam) Raperda Prov. Sumsel dilanjutkan dengan Pembentukan Pansus-Pansus di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumsel, pukul 09.00.

Wagub juga dijadwalkan menghadiri Pembukaan sekaligus sebagai Keynote Speaker pada Rapat Kerja Nasional XIII Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (ISMAFARSI) Periode 2016-2018 di Ballroom Grand Atyasa Convention Center Palembang, pukul 07.30.

Wagub juga diagendakan menghadiri Pelantikan Pejabat Eselon II dan III di Lingkungan Pemprov Sumsel di Ruang Kerja wakil Gubernur Sumsel, pukul 14.00.

Sementara, Yusnin yang dihubungi tengah berada di Sekayu belum juga mengetahui kabar siapa yang bakal menjadi Pj bupati Muba dan meminta menanyakan perihal tersebut kepada Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Sumsel Drs H Amsin Djauhari.

“Nah kakak belum tahu. Coba tanya Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Sumsel, Pak Amsin,” ungkap Yusnin yang pernah menjabat Ka UPTD Dispenda Provinsi Sumsel Kota Prabumulih, dan Ka UPTD Dispenda Provinsi Sumsel Kabupaten Muba, Minggu (22/1).

Yusnin yang pernah menjabat Karo Otonomi dan Kerjasama Provinsi Sumsel, dan juga pernah menjabat Kaban Kesbangpol Provinsi Sumsel mengakui dirinya masuk dalam 3 nama yang diusulkan ke Mendagri.

“Bersyukur sudah masuk tiga itu. Siapapun yang dipilih itu yang terbaik. Ya kita tunggu saja Keputusan Mendagri siapa yang dipilih. Yang diusulkan itu tiga orang, bener salah satunya kakak. Siapa yang disetujui, Mendagri yang tahu. Yang pasti satu orang. SK itu diserahkan ke Pak Gub melalui Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah,” kata pria kelahiran Sekayu, 16 September 1968.

Yusnin dinilai memang tepat menjabat sebagai Pj bupati Muba, Pasalnya selain memang putra asli Muba, Yusnin dinilai mengenal dekat dengan kondisi Kabupaten berjuluk Serasan Sekate ini.

“Kakak bertugas di Muba sejak 1990 sampai dengan 2012,” ungkapnya

Pernah menjabat Kabag Penyelesaian Perbatasan Setda Pemkab Muba. Sebelumnya menjabat Camat Batanghari Leko, Camat Lais, dan Camat Sekayu.

Ketika disinggung apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab memegang jabatan Penjabat Bupati Muba, Yusnin pun langsung mengatakan Penjabat Bupati Muba itu memegang amanah sampai dilantiknya pejabat Bupati definitif hasil Pilkada.

“Tugasnya menyelenggarakan pemerintahan di Muba hingga dilantiknya Bupati definitif. Tanggal 15 Februari 2017 ini kan Pilkada Muba. Salah satu tugasnya bagaimana menyukseskan Pilkada agar berjalan lancar sehingga terpilih Bupati hasil Pilkada. Nah kalau ada hal-hal permasalahan lain, saya yakin segalanya bisa diselesaikan. Saya rasa tidak ada yang tidak bisa diselesaikan karena semua sudah ada aturan yang mengaturnya,” tegas Yusnin.

Adapun ketiga nama yang diajukan sebagai calon Penjabat Bupati Muba ke Kemendagri RI yakni Agus Yudiantoro (Staf Ahli Gubernur Sumsel/mantan Penjabat Bupati Mura), Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumsel, Yusnin SSos MSi, dan Maulan Aklil SSos MSi (Kadis Perpustakaan/mantan Penjabat Bupati OKU). (juniara)

RelatedPost