PALEMBANG — Kepemimpinan wasit asing di kompetisi Liga 1 Indonesia 2017 kembali menuai pujian. Kedua pelatih yang bertemu dalam laga derby Sumatera yang mempertemukan Sriwijaya FC melawan Semen Padang, Jumat (11/8) malam di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang sepakat memberikan acungan kepada trio pengadil asal Australia yang memimpin laga ini.

“Saya pikir tadi kepemimpinan wasit cukup perfect, saya yakin jika kondisi seperti ini terus terjadi maka sepakbola Indonesia akan maju kedepannya. Sepanjang 90 menit nyaris tidak ada kesalahan yang dibuatnya dan membuat pemain tidak terganggu konsentrasinya,” ujar pelatih Semen Padang, Nil Maizar usai pertandingan.

Bahkan di babak kedua, dirinya memuji aksi wasit asing ini yang bisa memberikan waktu tambahan sesuai dengan law of the game sesungguhnya. “Tadi dia menunjukkan waktu yang distop dan sesuai dengan injury time, kita harus banyak belajar dari mereka. Laga pun sangat enak disaksikan karena semuanya fair play,” ungkap eks pelatih timnas Indonesia ini.

Kapten Semen Padang, Hengki Ardiles sendiri menyebut pihaknya tidak terlalu sulit berkomunikasi dengan wasit asing asal Australia ini. “Mungkin komunikasi berbeda, tapi sepakbola kan sudah aturannya dan cukup dengan menggunakan Bahasa tubuh, semuanya menjadi jelas dan tidak terlalu menjadi masalah tadi,” pujinya.

Sementara itu, pelatih SFC Hartono Ruslan juga memberikan pujian kepada Shaun Evans yang memimpin pertandingan. Soal 1 gol yang dianulir di laga ini, Hartono mengaku tidak terlalu melihat kejadian di dalam kotak penalti Semen Padang. “Penglihatan kami Ichsan Kurniawan tidak offside, namun saya tidak mendapat penjelasan mengenai hal ini. Tetapi secara keseluruhan wasit memimpin dengan baik dan laga berlangsung dengan fair play,” ujar Hartono.

Hal yang juga disampaikan oleh Yanto Basna, pemain SFC yang mengaku cukup puas dengan kepemimpinan wasit asing ini. “Sebenarnya banyak juga wasit Indonesia yang baik, tapi tadi memang ada sedikit perbedaan, saat masuk ke lapangan kami tidak terlalu khawatir dan percaya  mereka akan memimpin dengan fair play. Tapi soal gol tadi, rasanya Ichsan tidak offside karena posisinya berada di belakang saya, tapi perlu rekaman jelas untuk memastikannya,” pungkasnya. (dedi)

Artikel Terkait