Puluhan warga yang kebetulan sedang melintas di kawasan olahraga Jakabaring Sport City, Jum’at (13/4) terlihat ramai menyaksikan suasana uji coba pendaratan helikopter SA 330 Puma milik TNI AU di landasan  helipad yang terletak di samping stadion Aquatic JSC.

Uji coba ini sebagai persiapan mendukung pelaksanaan Asian Games 2018, Agustus mendatang. Tidak hanya sekali, helipad pertama di kawasan JSC ini dicoba dari berbagai arah untuk memastikan kelayakan sebelum dipergunakan secara reguler nantinya.

Turut serta dalam helikopter ini Danlanud Palembang, Kol PNB Easter Hariyanto, Kadispora Sumsel Ahmad Yusuf Wibowo dan Kadishub Sumsel Nelson Firdaus. Perjalanan dari pangkalan udara SMB II menuju kawasan JSC sendiri hanya memakan waktu tempuh 8-10 menit.

“Helikopter ini sendiri sehari-hari ditempatkan di skuadron 8 Atang Sendjaya Bogor dan hari ini memang sengaja kita hadirkan untuk menguji kelayakan helipad di kawasan JSC ini,” ujar Danlanud Palembang, Easter Hariyanto saat ditemui di lokasi.

Menurutnya, uji coba helipad JSC juga sengaja mendatangkan helikopter berbadan besar dengan muatan berat sehingga nantinya tidak mengalami kendala saat Asian Games 2018 nanti.

“Helikopter ini memang bisa untuk mengangkut personil, SAR ataupun barang. Tadi kita coba dari berbagai penjuru tidak ada masalah, baik dari sisi ukuran maupun kekerasan landasan,” ujarnya.

Sementara itu, Kadispora Sumsel Ahmad Yusuf menyebut meski tergolong sukses dan lancar, namun pihaknya akan tetap memberikan sejumlah masukan usai sesi uji coba helipad ini. “Ada masukan dari pilot tadi mengenai pohon di depan aquatic yang harus sedikit dipindah. Selain itu juga arah penunjuk angin yang juga penempatannya mesti disesuaikan. Selain itu tidak ada masalah,” tambahnya. Pria yang juga seorang penerjun payung aktif ini menjelaskan helikopter Puma memang sengaja dihadirkan karena hampir sama dengan jenis heli milik Presiden RI yang kemungkinan juga akan digunakan saat pelaksanaan Asian Games mendatang.

Artikel Terkait