Laskarwongkito.com — Duh kesel deh kalau punya temen yang suka minjem duit tapi lama banget buat balikinnya, ibaratnya tuh kek nunggu Upin-Ipin tamat sekolah. Kalian pasti pernah ngerasain yang beginian kan?

Dan pasti juga bingung mau pake jurus apa lagi biar si temen mau balikin uang kita tapi tetep dengan cara yang elegan. Kali ini tim LWK bakal ngasih tips jitu menagih hutang ketemen yang susah bayar, yuk intip..

 1. Kalau lagi jalan bareng, rajin-rajin aja bilang pengen sesuatu disambung dengan kalimat “… tapi lagi nggak punya uang,” disertai wajah sedih.

90da869cfe1a03a8688e508b50ff0eb2.500x213x9

(sumber foto: images.malesbanget.com)

Kalau kamu selama ini sering mengubur rasa inginmu pada sesuatu karena sadar harus berhemat, inilah saatnya kamu mengumpulkan semua hasratmu itu. Kemudian utarakan setiap kali jalan sama temenmu yang tukang utang. Yep ini juga bisa jadi cara menagih hutang yang elegant lho!

Kamu pengen baju baru, kamu bilang ke dia. Kamu pengen dompet bermerek baru, kamu bilang juga. Kamu pengen pacar baru… yang matrelialistis, kamu ceritain juga ke dia. Jangan lupa, semuanya harus selalu diembel-embeli:

“Pengen sih… pengen banget… tapi nggak ada duitnya.”

Setelah itu, jangan lupa pasang wajah sendu sambil menghela nafas. Pandangan mata nanar ke arah cakrawala. Oh iya, sebagai bumbu penutup, kalau sempat ucapkan juga:

“Yah, kurealisasikan ini habis kamu bayar hutang ke aku deh…”

BANG!!!

 2. Saat tanggal muda atau musim gajian dan dia terlihat senang, langsung sapa dengan “Cieee baru gajian, banyak duit nih.”

cie-yang-abis-gajian-cemberut-karena-mau-bayar-utang

(sumber foto: chachatroublemaker.files.wordpress.com)

Jangan langsung tagih dia dengan garang kalau dia habis gajian, nanti kamu lebih mirip debt collector daripada seorang teman. Cara menagih hutang kamu harus lebih gentle lagi. Mending kamu passive aggressive aja, berniat muji tapi dengan nada agak memancing gitu deh.

“Ada yang habis gajian nih! Asik… Gantian bagi duit dong sini!”

 3. Kalau kamu jago sandiwara, bisa juga dengan sering curhat sedih soal kehidupan keluargamu yang penuh intrik dan butuh uang (padahal sebenarnya biasa aja).

A teenage girl comforting her friend

(sumber foto: i0.wp.com)

Kalau kamu pede sama kemampuan akting kamu atau kamu merasa alasan kamu belum bisa satu screen sama Dude Herlino hanya gara-gara kamu malas casting, kamu boleh coba trik berikut sebagai cara menagih hutang. Buat cerita sendu tentang keluargamu yang butuh uang dari kamu. Nggak perlu bohong kok, yang kamu butuhkan hanya sedikit bermain-main dengan kata. Contoh:

“Papa udah dua hari ini nggak bisa tidur… mama juga ga berhenti-berhentinya nangis. Aku nggak tahu harus gimana lagi, posisinya aku lagi nggak ada uang. Nggak bisa bantu… Jadi kalau kamu udah bisa bayar, tolong banget kabari aku ya…”

Iya, papamu gak bisa tidur karena begadang nonton bola. Mamamu juga nangis kebanyakan nonton sinetron. Tapi temenmu si tukang utang gak perlu tahu semua itu.

 4. Rajin-rajin ngumpulin cerita-cerita mistis religius ala tabloid Hidayah tentang kisah azab orang-orang yang gak mau bayar hutang.

Cover-majalah-hidayah-khusus-jomblo

(sumber foto: tukangteori.com)

Setiap ketemu coba kamu selalu cerita soal kisah-kisah azab yang menimpa para tukang ngutang yang suka males bayar. Perut membengkak padahal udah diet lah; jenazah terbang dan meledak di udara kaya petasan lah; susah dikubur karena kavling tanahnya abis lah…

 5. Utarakan niat kamu yang hendak bayar zakat atau memberi sumbangan amal… Tapi pakai uang yang dia pinjam!

12534266_494984010688763_2039469921_n

(sumber foto: scontent.cdninstagram.com)

Masa dia tega menolak permintaan yang berkaitan dengan kebaikan dan amal soleh seperti ini? Tapi kalau akhirnya hutang itu beneran dibayar jangan lupa benar-benar kamu sumbangkan ya uangnya.  (red/dil)

Artikel Terkait