PALEMBANG — Teka-teki siapa yang akan menjadi figur Pejabat (PJ) bupati Musi Banyuasin (Muba) menggantikan David BJ Siregar sebagai Pelaksana tugas (Plt) bupati Muba hingga kini belum terjawab.

Sebelumnya, pemerintah provinsi (pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) telah mengajukan tiga nama pejabat yang bakal menjadi PJ bupati Muba. Adapun ketiga nama yang diajukan sebagai calon PJ Bupati Muba ke Kemendagri RI yakni Agus Yudiantoro (Staf Ahli Gubernur Sumsel/mantan Penjabat Bupati Mura), Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumsel, Yusnin SSos MSi, dan Maulan Aklil SSos MSi (Kadis Perpustakaan/mantan Penjabat Bupati OKU).

Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin menegaskan, ditundanya pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan PJ bupati Muba karena belum keluarnya SK dari Kemendagri.

“Belum keluar SK-nyo, pokoknyo macam ini, kito ajukan tigo nah wewenang Mendagri untuk memilih salah satu, kalau salah satu dari itu berarti sesuai, nah kalau dari luar itu baru, InsyaAllah satu dari tigo itulah yang jd PJ bupati Muba,” ujar mantan bupati Muba dua periode ini.

Senada dengan Wakil Gubernur Sumsel, H. Ishak Mekki saat ditanya awak media siapa figur yang tepat menjadi PJ bupati Muba, orang nomor dua di Sumsel ini mengaku belum termonitor oleh dirinya, dan merupakan wewenang Mendagri untuk memilih.

“Nah belum tau aku, itu kewenangan Mendagri,” kata Ishak Mekki usai menghadiri pembukaan sekaligus sebagai Keynote Speaker pada Rapat Kerja Nasional XIII Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (ISMAFARSI) Periode 2016-2018 di Ballroom Grand Atyasa Convention Center Palembang, Senin (23/01). (juniara)

Artikel Terkait