PALEMBANG — Setelah merekrut Khusaeri, Sriwijaya FC kembali g  menambah personel untuk posisi asisten pelatih yang akan membantu Widodo C Putro meracik tim di kompetisi Liga Indonesia 2017. Dan sosok tersebut adalah Francis Wawengkang, eks pemain timnas yang musim lalu menjadi asisten pelatih Persija Jakarta.


Enal, panggilan akrabnya bahkan sudah hadir di Palembang dan mengikuti sesi latihan pagi laskar wong kito di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang, Jumat (20/1). Menurut WCP, dirinya memang merekomendasikan Enal kepada manajemen SFC untuk membantunya musim ini.

“Jadi nanti Khusaeri akan fokus menangani lini pertahanan, karena memang basic-nya adalah seorang bek. Sementara Enal bersama saya akan meracik lini tengah dan depan,” ungkap eks asisten pelatih timnas ini saat ditemui usai sesi latihan. Dengan masuknya Enal, kini posisi staf kepelatihan SFC hampir rampung dan tinggal menunggu kedatangan pelatih fisik yang sampai saat ini masih kosong.

 Sementara itu, Enal saat diwawancarai mengaku punya target tinggi bersama SFC kedepan. “Setelah kompetisi musim lalu berakhir, saya belum mendapat kepastian apakah dipertahankan di Persija, lalu datang tawaran dari SFC yang sulit untuk saya tolak. Tim ini merupakan salah satu klub besar di Indonesia yang punya sejarah cukup baik karena mampu beberapa kali menjadi juara dalam 10 tahun terakhit, tentu target saya adalah mengembalikan hal tersebut nantinya,” ungkap Enal yang berasal dari Manado ini.

 Diakuinya, faktor WCP juga membuatnya tidak ragu untuk menerima tantangan yang diajukan oleh manajemen SFC. “Di level klub, saya memang tidak pernah bermain bersama coach WCP, namun kami pernah satu tim saat membela timnas Indonesia di Piala Asia 1996. Saat beliau menawari saya bergabung, tentu saya tidak ragu menerimanya,” tambahnya.

 Bersama SFC, Enal sendiri menyebut akan mencoba kembali melahirkan pemain muda berkualitas seperti yang sudah dilakukan saat mengarungi kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 lalu. “Disini banyak pemain muda yang berbakat, target kami adalah kembali memberikan kesempatan kepada mereka nantinya,” ujar pemain yang dulunya berprofesi sebagai gelandang tengah ini.

Terkait taktik di lapangan, dirinya pun menyebut sangat menyukai penguasaan bola sebagai strategi favoritnya. “Entah saat bertahan atau menyerang, seorang pemain harus bisa possesion atau penguasaan bola. Hal inilah yang akan kami coba terapkan nantinya,” pungkasnya. (dedi)

RelatedPost