PALEMBANG — Gubernur provinsi Sumatera Selatan, H. Alex Noerdin menerima bantuan sebanyak lima unit mobil dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA) Republik Indonesia berupa mobil perlindungan perempuan dan anak, Rabu (28/12) di halaman Kantor Gubernur provinsi Sumsel.

Dikatakan oleh orang nomor satu di Sumsel, bantuan 5 unit mobil tersebut ditujukan untuk kabupaten Lahat, Ogan Komering Ilir (OKI), Empat Lawang, Palembang dan provinsi Sumsel sendiri.

Alex menjelaskan, dari jumlah populasi masyarakat Sumsel sebanyak 8 juta jiwa, 49 persen merupakan perempuan. “Data menunjukkan kasus kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak-anak di Provinsi Sumsel cukup tinggi yakni mencapai 226 kasus, sedangkan untuk perempuan dewasa sebanyak 186 kasus,” jelasnya.

Menurut mantan Bupati Musi Banyuasin dua periode ini, kehadiran mobil bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kinerja perlindungan perempuan dan anak. Karena secara langsung akan lebih memperlancar dan memudahkan mobilitas dalam kegiatan advokasi dan penyuluhan kepada masyarakat.

“Kabupaten/kota yang mendapatkan bantuan ini agar menyiapkan biaya operasionalnya,” jelas Alex Noerdin.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan PPA Provinsi Sumsel, Hj Susna Sudarti SE MM mengatakan, bantuan yang didapat diperuntukan bagi pihaknya untuk menjangkau masyarakat. “Ini untuk memudahkan kita untuk menjangkau masyrakat,” ucapnya.

Dijelaskan Susna, berbagai fasilitas tersedia didalam mobil tersebut. “Mobil ini dilengkapi dengan layar, laptop, infocus, sirene dan lainnya. Ini akan memudhkan kita dalam melkukan sosialisasi. Sehingga, jika selama ini selalu melakukan sosialisasi di dalam ruangan, dengan mobil ini kita bisa lakukan sosialisasi diluar ruangan seperti lapangan ataupun tempat umum terbuka lainnya,” tutupnya. (juniara)

RelatedPost