PALEMBANG — Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan menggelar Jalan Sehat Kerukunan, yang merupakan salah satu agenda kegiatan Peringan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 71 tahun 2017.
Jalan sehat ini dikuti ribuan orang perserta mulai dari masyarakat Kota Palembang, tokoh lintas Agama Sumsel, organisasi pemuda lintas Agama, kepengurusan FKUB, serta nampak juga hadir Ketua DPRD Sumsel HM Giri Ramanda, dan perwakilan FKPD Sumsel lainnya.
Peserta Jalan Sehat sangat antusias  dengan membawa spanduk seruan Harmonisasi Kerukunan Umat Beragama saat dilepas langsung Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki, di halaman Kanwil Kemenag Sumsel, Minggu (8/1).
Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumsel sangat menyambut baik kegiatan ini, selain mensehatkan juga sebagai wahana mempererat silaturahmi antar masyarakat dan umat beragama karena melibatkan seluruh komponen masyarakat lintas agama.
Menurut Ishak Mekki, kerukunan umat beragama merupakan hal yang sangat penting dan harus dijaga bersama-sama. Di Sumsel, kata Ishak Mekki, kerukunan umat beragama menjadi prioritas yang selalu dijaga Pemerintah Provinsi Sumsel bersama stakeholder dan didukung penuh seluruh lapisan masyarakat, terbukti sampai saat ini tidak pernah terjadi kerusuhan antar Etnis dan Umat beragama di Sumsel, sehingga Sumsel dipercaya sebagai tuan rumah berbagai event internasional seperti Asian Games.
“Mari bersama-sama kita jaga Sumsel yang kondusif dengan terus menumbuhkan rasa persaudaraan, persatuan, saling menghargai dan menghormati antar sesama serta tetap menjaga kerukunan antar umat beragama,” imbuhnya.
Kepala Kanwil Kemenag Prov. Sumsel HM Al Fajri Zabidi, MM, M.Pd.I mengungkapkan, selain dalam rangka memperingati HAB ke71, kegiatan ini diselenggarakan untuk memupuk dan menyerukan kepada masyarakat akan pentingnya mempertahankan kerukunan antar umat beragama yang saat ini di Sumsel sudah sangat baik.
Menurut Al Fajri, dalam mempertahankan kerukunan umat beragama harus terus menerus menumbuh kembangkan rasa persaudaraan, persatuan, kebersamaan dalam keberagaman, saling menghargai dan menghormati antar sesama.
“Melalui kegiatan seperti jalan sehat ini merupakan cara untuk menjalin kebersamaan,” ungkapnya.
Al Fajri menambahkan, “Jalan Sehat Kerukunan ini sebagai seruan untuk menjaga harmonisasi Kerukunan Umat beragama di Sumsel, sehingga masyarakat harus optimis mempertahankan dan bahkan meningkatkan Suasana kondusif Sumsel dan Sumsel zero konflik.
“Harapan kita kegiatan ini dapat meningkatkan kerukunan dapat memupuk persaudaraan, kebersamaan dalam keberagama di Sumsel, kita sengaja mengajak seluruh tokoh lintas agama, dan masyarakat untuk turut menyemarakkan kegiatan ini,” ujarnya.
Sementara, Jalan Sehat  ini berjarak jarak tempuh 5 KM dengan rute diseputaran jalan protokol Kota Palembang, Dimulai dari Kantor Kanwil Kemenag Sumsel di jalan Kapt. A. Rivai, ke Jalan Sudirman, Jalan Mayor Santoso, Jalan Seroja, Jalan Kamboja dan berakhir di Jalan Kapten Anwar Sastro dan Finish kembali lagi ke Kantor Kanwil Kemenag Sumsel.
Memeriahkan kegiatan ini, pihak panitia menyediakan doorprizes bagi peserta jalan sehat yang beruntung, diantaranya 2 Unit Motor, Kulkas, TV, Sepeda, Kipas Angin dan lainnya. Total sebanyak 9000 kupon undian yang dibagikan ke peserta Jalan Sehat. (ril)

RelatedPost