PALEMBANG – Sumatera Selatan ditunjuk langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk melakukan kegiatan pelatihan virtual kelas guru.

Di Palembang, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Palembang menjadi pilot projek dalam melakukan kegiatan pelatihan virtual kelas ruang guru SMK Negeri se-kota Palembang.

Kepala Sesi Sarana SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel, Syamsul Rizal mengatakan kegiatan ini baru pertama kalinya di Indonesia. Sumsel sendiri ditunjuk untuk yang pertama kalinya. Tujuan kegiatan ini guna meningkatkan kemampuan guru dalam bidang IT dan komputer.

“Ini sudah mulai kita uji coba dan ini belum seluruh sekolah. Kita akan anjurkan kesemua sekolah karena model pembelajaran seperti ini sangat membantu agar lebih mudah memahai dalam mengajarkan soal kepada siswa,” kata Syamsul usai membuka pelatihan di SMKN 1 Palembang, Senin (28/08).

Dikatakannya, melalui pelatihan ini guru akan mengajarkan siswa melalui online. Menilai serta memberi mata pelajaran pun melalui online. “Disinilah guru akan termotivasi dan tidak gagap akan teknologi. Semua mata pelajaran akan kita terapkan melalui online, seperti mengerjakan soal dan menilai soal menggunakan sistem online,” jelasnya lagi.

Senada dengan hal itu, Kepala SMKN 1 Palembang, Hijra Baiti menuturkan saat ini ada sembilan sekolah yang mengikuti pelatihan virtual kelas guru, yaitu SMKN 2, SMKN 3, SMKN 4, SMKN 5, SMKN 6, SMKN 7, SMKN 8, SMKN Sumsel.

“Setiap sekolah mengirim 5-6 orang guru. Saat ini hanya mata pelajaran Matematika saja yang menggunakan admodu yang melalui online,” tuturnya.

Lanjutnya, setelah pelatihan ini guru yang dilatih bisa mengimbaskan kepada guru lainnya. Selain itu, saat ini hanya sekolah negeri yang menerapkan virtual kelas guru.

“Kalau umumnya guru kita sudah siap dengan IT. Dan secepatnya juga akan kita imbaskan kepada guru lainnya,” tukasnya. (dil)

Artikel Terkait