Laskarwongkito.com-Timnas Indonesia U-19 raih hasi positif pada laga perdana mereka pada gelaran Piala AFC U-19 2018 dengan menaklukkan Chinese Taipei 3-1 di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (18/10/2018). Timnas Indonesia U-19 mendominasi penuh jalannya pertandingan. Witan Sulaiman berhasil menjadi penentu keunggulan Garuda Muda.

Permainan dengan tempo cepat langsung diperagakan Indonesia sejak babak pertama Tekanan pun langsung diberikan lewat tendangan keras Asnawi Mangkualam Bahar di menit kedua yang masih melebar di sisi kiri gawang Chinese Taipei. Di menit keempat, Indonesia mampu menjebol gawang lawan kawalah Li Guan-Pei. Namun, gol yang dicetak Muhammad Rafli Mursalim usai menerima umpan silang Egy Maulana Vikri dianulir wasit karena terjadi offside.

Dua menit kemudian, skema serangan balik tuan rumah membahayakan Chinese Taipei. Sayang, umpan yang dilakukan Witan Sulaiman masih terlalu mudah dipatahkan para pemain belakang Chinese Taipei.

Jalannya pertandingan masih dalam kendali para pemain Timnas Indonesia U-19. Namun, sampai memasuki menit ke-20, mereka belum bisa menembus lini belakang tim tamu. Selain itu, tim besutan Chen Pho-Yu juga sangat lihat dalam memainkan jebakan offside.

Di menit ke-33, Egy Maulana memperlihatkan aksi individu menawan. Sayang, aksi tersebut justru berakhir dengan umpan yang buruk. Bola pun dengan mudahnya dipotong para pemain Chinese Taipei. Babak pertama pun ditutup dengan skor kacamata.

Meski belum menghasilkan gol, pelatih Indra Sjafri tetap mempertahankan komposisi pemain seperti di babak pertama. Momen yang dinanti-nanti pun tiba. Egy Maulana membuka keunggulan Indonesia setelah memanfaatkan kesalahan bek Chinese Taipei di menit ke-50.

Sayang, keunggulan itu tak bertahan lama. Chinese Taipei sukses menyamakan kedudukan lewat skema serangan balik yang diakhiri dengan eksekusi Wang Chung-Yu di menit ke-53. Gol itu membuat Indonesia semakin meningkatkan intensitas serangan.

Pemandangan seperti babak pertama pun kembali terlihat. Meski terus mendominasi dan memberikan tekanan, skuat Garuda Nusantara kesulitan untuk memaksimalkan peluang. Salah satunya adalah di menit ke-63 di mana sepakan Witan masih bisa dibendung kiper Chinese Taipei.

Di menit ke-71, Indonesia mendapatkan peluang dari skema tendangan bebas. Peluang itu mampu dimanfaatkan setelah bola tepisan kiper Chinese Taipei disambut dengan sundulan Witan. Indonesia kini unggul 2-1.

Di sisa waktu, Indonesia masih sempat menambah keunggulan. Witan kembali membukukan namanya di papan skor pada menit ke-88 usai memanfaatkan operan Egy Maulana. Hingga laga berakhir, keunggulan 3-1 Indonesia tetap bertahan. (red/ndi)

Artikel Terkait