PALEMBANG — Sriwijaya FC bertekad meneruskan tren positif saat menjamu Semen Padang, Jumat (11/8) malam di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang dalam lanjutan kompetisi Liga 1 Indonesia 2017. Kemenangan di kandang Borneo FC pada laga sebelumnya diakui sangat meningkatkan moral bertanding Alberto Goncalves dkk dan menjadi bekal berharga di laga yang bertajuk Derby Andalas ini.

“Pemain dalam kondisi yang siap, baik secara taktik, fisik maupun mental bertanding. Poin penuh di kandang Borneo memang menumbuhkan kepercayaan diri buat mereka. Tetapi saya sudah ingatkan kepada semuanya bahwa Semen Padang adalah lawan yang sangat kuat dan perlu kerja ekstra jika ingon memenangkan pertandingan nanti,” ujar caretaket tim SFC, Hartono Ruslan saat dihubungi Kamis (10/8) sore.

Menurutnya Kabau Sirah merupakan tim yang tidak banyak melakukan perombakan skuad setiap musimnya. “Bahkan selama ini pun SFC selalu kesulitan jika bertemu mereka, tahun lalu saya masih ingat mereka bisa menahan imbang kita di Palembang. Saya berharap rekor tersebut bisa pecah musim ini,” tekadnya.

Diakuinya, walau kini sudah tidak diperkuat marquee player, Semen Padang tetaplah tim yang solid. “Tanpa Zokora, mereka tetap akan berbahaya. Saya pun mengingatkan kepada tim saya agar tidak hanya terpaku ke 1 pemain saja, di pertemuan pertama banyak pemain mereka yang secara kualitas individu bermain sangat baik,” jelasnya.

Hal yang sama juga dikatakan perwakilan pemain SFC, Ichsan Kurniawan yang menyebut laga ini sangat penting untuknya. “Ini derby Sumatera, tentu kami harus menjadi yang terbaik di pulau Andalas. Secara umum winger Semen Padang sangat berbahaya, Rico Simanjuntak dan Irsyad Maulana punya kecepatan yang harus kami antisipasi. Di sesi latihan, tidak hanya fokus menyerang pelatih juga mempersiapkan untuk bertahan mengawal mereka,” ujar Ichsan.

Sementara itu, pelatih Semen Padang Nil Maizar menyebut anak asuhnya sudah siap mengamankan target mencuri poin di Palembang. “Secara umum kami sudah persiapkan semuanya, tidak ada pemain yang cedera dan hanya 1 yang absen karena akumulasi kartu kuning yakni Novan Setya Sasongko,” ungkapnya.

Meski posisi di klasemen sementara masih unggul dari tuan rumah, Nil menyebut hal ini bukanlah sebagai sebuah keuntungan bagi pihaknya. “Seharusnya SFC tidak di posisi seperti sekarang, karena mereka punya kualitas yang baik. Namun inilah sepakbola, semua bisa saja terjadi dan sekarang kekuatan tim lebih berimbang. Jarak di klasemen juga tidak terlalu jauh, laga pasti berlangsung seru dan saya berharap catatan bagus Semen Padang di Palembang terus terjaga,” ujar eks pelatih timnas Indonesia. (dedi)

Perkiraan susunan pemain :

Sriwijaya FC : Teja Paku Alam, Marco Meraudje, Yanto Basna, Bobby Satria, Gilang Ginarsa, Yu Hyun Koo, Ichsan Kurniawan, Nur Iskandar, Slamet Budiono, Hilton Moreira, Alberto Goncalves

Cadangan : Sandy Firmansyah, Indra Permana, Hapit Ibrahim, Manda Cingi, Airlangga Sucipto, Rizky Dwi Ramadhana, Dominggus Fakdawer

Semen Padang : Jandia Eka Putra, Hengki Ardiles, Agung Prasetyo, Cassio de Jesus, Boas Artururi, Ko Jae Sung, Rudi, Vendry Mofu, Irsyad Maulana, Rico Sumanjuntak, Marcel Sacramento

Cadangan : M Ridwan,Handi Ramdhan, Novrianto, Finno Andrianas, Adi Nugroho, Tambun Naibaho.

 

Artikel Terkait