Manajemen Sriwijaya FC telah resmi melepas 4 pemain yakni M Roby, Yanto Basna, Gilang Ginarsa dan Bobby Satria. Menariknya, kesemuanya merupakan pemain yang berposisi sebagai bek di lini pertahanan laskar wong kito.

Sehingga dengan kepergian 4 pemain tersebut, SFC saat ini hanya memiliki 9 pemain di lini pertahanan. Namun 6 dari 9 pemain tersebut merupakan bek sayap yakni Zalnando, Samuel Simanjuntak, Novan Setya Sasongko, Marcho Meraudje, Alvin Tuasalamony dan Achmad Faris.

Nama terakhir sendiri memang beberapa kali di musim lalu sempat dimainkan sebagai bek tengah. Sementara pemain yang berposisi sebagai bek tengah murni hanya menyisakan Saepulloh Maulana, Mamadou Ndiaye dan Bio Paulin. Sedangkan Mohamadou Alhadji masih berstatus pemain seleksi dan menunggu kepastian selesainya proses naturalisasi menjadi WNI.

Hanya memiliki 3 pemain di posisi bek tengah tentu bukan sebuah hal yang ideal untuk SFC. Apalagi Bio Paulin juga belum dapat dipastikan menjadi skuad resmi untuk musim depan, sementara sudah menunggu sederet jadwal ketat mulai dari turnamen pra musim Piala Presiden, Liga 1 Indonesia dan Piala Indonesia yang sudah dipastikan akan kembali digelar musim ini.

Kondisi ini sendiri memantik rumor bahwa SFC dalam waktu dekat akan kembali mendatangkan rekrutan anyar di posisi bek tengah. Dan nama Hamka Hamzah mulai ramai diperbincangkan dan dijagokan sebagai sosok paling pantas mengisisi posisi tersebut.

Apalagi minggu lalu, Rahmad Darmawan sudah secara terang-terangan menyebut dirinya masih membutuhkan 2 tambahan pemain di lini depan dan belakang yang kesemuanya dari lokal.

Setelah Patrich Wanggai datang, kini menarik ditunggu apakah benar Hamka Hamzah akan menjadi kepingan terakhir dari puzzle yang disusun oleh RD di skuad SFC musim ini. Peluang SFC untuk mendatangkan Hamka sendiri masih terbuka lebar, apalagi setelah eks pemain timnas tersebut sudah secara resmi menyatakan mundur dari PSM Makassar akhir pekan lalu. SFC menjadi kontestan terdepan untuk memperebutkan Hamka dan bersaing dengan Madura United serta Bhayangkara FC.

Saat dikonfirmasi, sekretaris tim SFC Achmad Haris menyebut pihaknya memang masih belum menutup bursa transfer dan sejumlah kemungkinan masih bisa terjadi. “Semua pemain yang didatangkan berdasarkan kebutuhan tim dan rekomendasi dari pelatih. Soal Hamka, kita lihat saja nanti,” ujarnya diplomatis saat dihubungi Minggu (7/1) sore.

Artikel Terkait