PALEMBANG — Sejumlah nama disiapkan Hartono Ruslan untuk mengisi posisi sayap kiri saat Sriwijaya FC menjamu Persiba Balikpapan, Rabu (29/8) mendatang di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang. Di laga pekan 22 kompetisi Liga 1 Indonesia 2017 ini, laskar wong kito memang dipastikan tidak akan diperkuat oleh pemain andalannya Hilton Moreira yang harus absen karena terkena hukuman akumulasi kartu kuning.

Namun meski sudah menyiapkan sejumlah calon pemain pengganti, namun pelatih kepala SFC tersebut mengingatkan kepada anak asuhnya untuk lebih kreatif dalam membongkar pertahanan lawan. Apalagi berkaca dari saat laga melawan Perseru Serui (2/8) lalu, lini depan terlihat kebingungan dan kurang mampu membongkar pertahanan lawan saat Alberto Goncalves dikawal ketat.
Saat laga melawan Perseru sendiri saat itu, Hilton juga tidak masuk dalam susunan line up karena terkena hukuman yang sama. Posisi sayap kiri akhirnya dipercayakan kepada TA Mushafry yang saat ini sudah berganti kostum dan pindah ke Barito Putera.
Pelatih SFC, Hartono Ruslan mengaku pihaknya sudah belajar dari partai kontra Perseru lalu dimana anak asuhnya terlihat frustasi membongkar pertahanan lawan yang menerapkan strategi parkir bus. “Ditambah lagi pemain lawan ketika itu seringkali melakukan tindakan tidak sportif dengan berpura-pura cedera, tentu hal ini bisa saja terjadi nantinya. Kami meminta para pemain agar lebih tenang dan tidak terburu-buru ingin cepat menyelesaikan peluang membuat gol,” ujarnya saat dihubungi Kamis (24/8) sore.
Kembalinya Tijani Belaid juga disebutnya sebagai salah satu alternatif dalam menciptakan peluang ke pertahanan lawan. “Setelah kembali dari pernikahannya, Tijani memang belum 100 persen di penampilan terbaiknya dan fisiknya masih kedodoran. Tapi dia punya kualitas passing dan kami harapkan bisa menunjukkan performa saat laga terakhirnya sebelum pulang ke Perancis dulu ketika menjamu Persipura,” tambahnya.
Nama-nama seperti Yohanis Nabar, Rizky Dwi Ramadhana ataupun Slamet Budiono disiapkan untuk mengisi posisi Hilton Moreira. Ketiganya dianggap punya kecepatan yang diperlukan untuk menusuk dari sisi kanan pertahanan lawan. “Namun saya berharap mereka juga dapat menyelesaikan peluang, karena saat laga kandang terakhir, banyak kesempatan mencetak gol terbuang sia-sia karena lemahnya penyelesaian akhir,” pungkasnya. (dedi)

Artikel Terkait