PALEMBANG — Menghadapi kompetisi Indonesian Super League (ISL) 2017, Sriwijaya FC terancam tidak bisa menggunakan stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) seperti biasanya. Pasalnya, stadion berstandar internasional ini direncanakan akan mengalami renovasi untuk persiapan perhelatan akbar Asian Games 2018 mendatang.

Namun laskar wong kito tidak perlu menjadi tim musafir dan mencari home base di luar Palembang mengingat masih memiliki alternatif stadion pengganti yakni stadion Madya Bumi Sriwijaya yang terletak di komplek mall Palembang Square. Demikian disampaikan Faisal Mursyid, sekretaris PT SOM saat dikonfirmasi Minggu (1/1) sore.

Menurutnya, stadion GSJ diroyeksikan menjadi menjadi venue cabor sepakbola untuk pesta olahraga terbesar di Asia mendatang dan perlu melakukan beberapa perbaikan. “Terutama di bagian rumput, karena sejak berdiri pada tahun 2004 lalu belum pernah dilakukan renovasi dan perlu perbaikan. Jadi manajemen SFC sudah melakukan beberapa persiapan jika benar stadion GSJ tidak bisa digunakan sementara,” jelasnya.

Tidak hanya GSJ, pihaknya juga menjelaskan bahwa stadion Madya Bumi Sriwijaya juga akan mendapat jatah renovasi di tahun 2017 ini. “Untuk stadion Bumi, fokusnya selain fasilitas pendukung di stadion seperti tribun adalah lampu. Karena meski sudah standar namun perlu perbaikan lagi jika berkaca saat terakhir digunakan untuk Asian University Games tahun 2014 lalu,” tambahnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta agar rehab kedua stadion ini tidak dilakukan berbarengan sehingga SFC nantinya tetap akan bisa memainkan laga kandangnya di Palembang. “Even Asian Games 2018 membawa nama baik bangsa, tentu harus kita dukung dan manajemen SFC juga sudah siap bila untuk sementara waktu di beberapa pertandingan kita tidak bisa menggunakan stadion GSJ,” tambahnya.

Namun dirinya tidak menampik bahwa daya tampung di stadion Bumi Sriwijaya jauh lebih sedikit dan berpengaruh pada jumlah penonton nantinya. “Pasti ada perbedaan, dan kita akan tetap mengutamakan keselamatan sehingga hanya akan menjual tiket sesuai kapasitas. Mungkin berkisar 5-10 ribu tiket yang akan dicetak bila bermain di stadion Bumi Sriwijaya nantinya,” pungkasnya. (dedi)

RelatedPost