Setelah sempat memutuskan berlatih bersama PSM Makassar sejak awal pekan ini, Ferdinan Sinaga akhirnya secara resmi dipastikan akan menjadi bagian tim Juku Eja tersebut saat berlaga di Piala Presiden. Hal ini setelah manajemen PT SOM selaku pengelola laskar wong kito memberikan izin secara tertulis, Kamis (13/8) pagi.

Namun sekretaris tim SFC, Achmad Haris membantah jika Ferdinan Sinaga sudah dilepas secara permanen ke PSM Makassar. Dalam surat resmi yang dikeluarkan manajemen PT SOM, menurutnya juga disebutkan bahwa Ferdinan Sinaga merupakan pemain SFC untuk kompetisi 2015 dan hanya dipinjamkan selama turnamen Piala Presiden 2015.

“Jadi yang kita kirimkan ke PSM Makassar via email tadi bukanlah surat keluar, namun surat keterangan peminjaman saja,” jelasnya. Menurutnya, pihaknya akhirnya mengeluarkan surat keterangan tersebut setelah pemain terbaik Indonesian Super League (ISL) 2014 tersebut mendapat izin langsung dari manajer tim, Robert Heri.

Pelatih SFC, Beny Dollo sendiri mengaku kehilangan sosok Ferdinan Sinaga akan cukup berpengaruh saat timnya akan turun di Piala Presiden yang rencananya akan dimulai akhir bulan ini. “Namun itu sudah menjadi keputusan manajemen, apalagi katanya dapat izin dari manajer. Cuma kita harus cepat mencari pemain pengganti, apalagi sekarang jumlah pemain pun tidak ideal untuk turun di sebuah turnamen,” ungkap Bendol.

Ferdinan Sinaga sendiri saat dihubungi menjelaskan kepindahannya ini memang hanya untuk Piala Presiden semata dan akan kembali bergabung ke SFC jika ISL nanti kembali digelar. “Saya akan tetap SFC saat ISL nanti, seluruh barang saya pun masih di Palembang. Di PSM ini hanya selama Piala Presiden saja,” ujar striker timnas Indonesia ini.

Dirinya juga enggan menyatakan alasan memilih bergabung bersama PSM di Piala Presiden dan meninggalkan SFC. “Yang jelas saya berkomunikasi baik-baik dengan manajemen SFC mengenai keputusan ini, mereka pun memberikan izin sehingga saya bisa bermain untuk PSM. Semoga saja situasi sepakbola di tanah air cepat kembali normal sehingga semuanya bisa jadi lebih baik,” tegasnya.

Di sisi lain, setelah menjajal dunia sinetron, kapten SFC Titus Bonai juga menjajal arena futsal sebagai aktifitas mengisi kevakuman kompetisi. Bersama sejumlah pemain ISL asal Papua seperti dua penggawa Persipura Jayapura Ruben Sanadi dan Ian Louis Kabes, serta gelandang Pusamania Borneo FC Oktovianus Maniani, Tibo ikut serta memeriahkan turnamen berskala nasional Piala Emas Futsal Indonesia (PEFI) 2015 di GOR Ciracas, Jakarta Timur. Jika ketiga rekannya tersebut turun membela White Steel Academy Papua, maka Tibo membela panji Black Steel Papua Barat.