PALEMBANG — Setelah sempat diisukan akan kedatangan pelatih baru di putaran kedua kompetisi Liga 1 Indonesia 2017, manajemen Sriwijaya FC akhirnya secara resmi menunjuk Hartono Ruslan sebagai nahkoda laskar wong kito di 15 pertandingan sisa musim ini. Pelatih asal Solo ini pun naik pangkat setelah sebelumnya hanya berstatus caretaker/pelatih sementara usai menggantikan Osvaldo Lessa yang diputus kontraknya di pekan 11, akhir Juni lalu.

Sekretaris tim SFC, Achmad Haris mengaku keputusan ini diambil pihaknya setelah melakukan pertemuan dengan Presiden SFC dan jajaran manajemen lainnya. “Setelah melakukan diskusi dan melihat hasil evaluasi, maka kami memutuskan untuk mendaftarkan Hartono Ruslan secara resmi sebagai pelatih kepala SFC di sisa kompetisi Liga 1 Indonesia 2017,” ujarnya saat dihubungi Jumat (18/8) sore.

Menurutnya, ada beberapa hal yang melatarbelakangi pihaknya mengambil langkah ini, salah satunya adalah pertimbangan adaptasi ke dalam tim nantinya. “Beliau sudah sangat mengenal karakter tim dan mengetahui apa yang diperlukan untuk memperbaiki performa SFC secara keseluruhan. Jadi tidak perlu beradaptasi lagi nantinya,” jelasnya. Selain itu, Hartono juga telah memenuhi syarat yang ditetapkan oleh operator kompetisi karena sudah mempunyai lisensi A AFC sehingga tidak akan terkendala administrasi nantinya.

Namun meskipun sudah ditunjuk menjadi pelatih kepala, Haris menyebut bahwa manajemen SFC tetap akan melakukan penambahan di sektor kepelatihan nantinya. “Bagaimanapun juga Hartono Ruslan tetap akan membutuhkan pendamping, karena itu dalam waktu dekat kita akan segera mendatangkan asisten pelatih untuk membantunya,” tambahnya. Hal ini sendiri menutup pintu bagi sejumlah pelatih beken di tanah air yang sebelumnya sempat dirumorkan akan bergabung ke SFC, mulai dari Djajang Nurdjaman, Jafri Sastra ataupun Aji Santoso.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Hartono Ruslan mengaku perubahan statusnya saat ini tidak akan terlalu banyak berpengaruh kedepan. “Saya disini hanya ingin kerja dan sejak awal tidak terlalu berambisi. Tetapi amanah ini sangat berat dan seluruh skuad harus bekerja keras agar SFC lebih baik lagi,” ujarnya singkat. Hartono Ruslan sendiri mulai menangani SFC di pekan 12 dan mencatat rekor 2 kemenangan, 5 imbang dan 1 kalah dari 8 pertandingan yang sudah dijalani selama ini. (dedi)

Artikel Terkait