PALEMBANG — Sriwijaya FC punya tugas ganda saat menjamu Perseru Serui, Rabu (2/8) malam di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang dalam lanjutan kompetisi Liga 1 Indonesia 2017. Tidak hanya fokus memenangkan pertandingan di lapangan hijau, punggawa laskar wong kito juga harus berjuang melawan rasa letih setelah mendapat jadwal yang sangat padat di akhir putaran pertama ini.

Alberto Goncalves dkk sendiri memang hanya mendapat jeda 2 hari usai melakoni laga terakhirnya melawan Persipura Jayapura (30/7) lalu. Kemudian usai laga melawan 2 wakil asal Papua ini, SFC kembali harus bertanding dan memulai putaran kedua dengan melawat ke Samarinda guna bertemu Borneo FC, Sabtu (5/8) mendatang.

“Saat melawan Persegres di pekan 16 lalu, saya sempat membaca di salah satu media Jawa Timur bahwa manajer Madura United, Achsanul Qosasih menyebut Liga 1 Indonesia 2017 ini merupakan kompetisi yang sangat berat. Dasarnya adalah karena timnya harus memainkan 6 pertandingan dalam sebulan, lalu bagaimana dengan SFC yang kini harus bermain 4 kali dalam 12 hari,” ujarnya saat sesi pre post match, Selasa (1/8) sore.

Namun caretaker SFC ini menegaskan bahwa anak asuhnya tetap akan bermain all out dan berjuang mengamankan poin penuh demi memuaskan dahaga publik sepakbola di Palembang. “Para pemain tidak boleh larut dalam keadaan ini, karena banyak tim lain yang juga pernah berada di posisi ini dan bisa mengatasinya,” tegasnya.

Tetapi karena waktu yang sangat mepet, dirinya menyebut bahwa sesi latihan SFC terpaksa harus melakukan beberapa penyesuaian. “Recovery sangat kurang, sehingga para pemain hanya berlatih ringan dan tidak boleh berlebihan. Rotasi juga akan menjadi pilihan dan saya sudah menyiapkan pemain pengganti untuk posisi sayap dan gelandang,” tambahnya.

Di 2 posisi tersebut, SFC memang harus kehilangan sejumlah pilarnya karena berbagai alasan. “Hilton Moreira tidak bisa bermain karena mendapat hukuman akumulasi kartu, sedangan Tijani Belaid izin pulang ke negaranya karena mengurus pernikahan. Ini kondisi yang tidak ideal tetapi dalam 2 sesi latihan terakhir sudah kami siapkan penggantinya,” ujar Hartono.

Sementara itu, pelatih Perseru Serui Agus Yuwono menyebut anak asuhnya datang ke Palembang dengan kepercayaan diri tinggi usai mengalahkan Persib Bandung (29/7) lalu. “Pemain mentalnya sangat terangkat usai mendapat hasil positif melawan Persib sehingga kami sudah sangat siap melawan SFC nanti,” ungkap Agus.

Di laga ini sendiri, Perseru sendiri mentargetkan untuk dapat mencuri poin di Palembang sebagai bekal menghadapi putaran kedua nanti. “Minimal 1 poin, syukur-syukur bisa menang di Palembang. Soal jadwal, kami juga mengalami hal yang sama dengan SFC karena tanggal 6 nanti lanjut ke Balikpapan, jadi ini laga yang tidak akan mudah untuk Perseru,” jelasnya. (dedi)

Perkiraan susunan pemain :

SFC (4-2-3-1) : Teja Paku Alam, Marco Meraudje, Yanto Basna, Firdaus Ramadhan, Indra Permana, Yu Hyun Koo, Ichsan Kurniawan, Rachmad Hidayat, TA Mushafry, Nur Iskandar, Alberto Goncalves

Cadangan : Sandy Firmansyah, Gilang Ginarsa, Hapit Ibrahim, Manda Cingi, Airlangga Sucipto, Rizky Dwi Ramadhana, Yohanis Nabar

Perseru Serui (4-2-3-1) : Sukasto Effendi, R Mesidu, Boman Aime, M Zaenuri, Kalvin Wopi,  Septianus Aulia, Lukas Wandowen, Artur Bonai, Mariando, Omar Zeinedine, Silvio Escobar

Cadangan : Hendra Mole, Bilbig Dian Mahrus, FFX Mumpo, Farid Wajdi, Yoksan Ama, Franklin Rumbiak, Irfan Mofu

Artikel Terkait