Bermain di hadapan pendukung sendiri saat menjamu PSM Makassar, Sabtu (28/4) sore di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang menjadi salah satu keuntungan dari tim Sriwijaya FC. Tidak hanya itu, absennya salah satu pilar penting PSM yakni Wiljan Pluim juga menjadi salah keuntungan laskar wong kito.

Pemain asal Belanda ini sendiri memang menjadi momok menakutkan bagi SFC saat pertemuan kontra skuad Juku Eja. Skilnya yang mumpuni selalu merepotkan pertahanan SFC, seperti saat pertemuan terakhir musim lalu di stadion GSJ (17/9/2017) lalu.

Playmaker PSM ini sendiri tidak hanya menyumbangkan 1 gol, namun juga memberikan assist dan mengkreasi seluruh gol bagi timnya di laga yang akhirnya dimenangkan tim tamu dengan skor 3-4 ini.

Wakil kapten tim SFC, Yu Hyun Koo sendiri menyebut absennya Pluim tidak akan membuat kekuatan PSM menurun. “Namun pasti ada perbedaannya, karena Pluim punya umpan yang sangat baik, kemudian kuat jaga dalam menjaga bola. Selain itu kualitas free kicknya juga berbahaya, musim lalu dia bisa bikin gol dari bola mati,” ungkap pemain asal Korsel ini.

Yu juga mengaku seluruh rekannya sangat termotivasi untuk memenangkan pertandingan nantinya. “Suporter selalu datang memenuhi stadion, kami harus memberikan kemenangan untuk mereka. PSM tim bagus, namun kami harus fokus dengan kekuatan sendiri dan memperbaiki kekurangan di laga sebelumnya,” tegasnya.

Sementara itu, tim PSM sendiri telah tiba di Palembang dengan membawa kekuatan sebanyak 19 pemain. “Kami sengaja datang dua hari sebelum pertandingan agar tim bisa beradaptasi dengan cuaca di Palembang,” ujar Robert Alberts, pelatih PSM.

Eks pelatih Arema ini berharap skuatnya tetap tampil trengginas meski bertanding di sore yang terik. Pelatih asal Belanda ini memprediksi pertandingan nanti akan menguras stamina dan fisik pemainnya.

“Sriwijaya selalu tampil agresif bila bermain di Palembang. Jadi kami harus tampil dengan kondisi maksimal untuk meladeni mereka,” jelas Robert.

Daftar Nama Pemain PSM ke Palembang

Rivki Mokodompit, M. Syaiful (kiper), Steven Paulle, Abdul Rahman, Fauzan Jamal, Hasyim. Kipuw, Zulkifli Syukur, Hendra Wijaya, Wasyiat Hasbullah (belakang), Rasyid Bakri, Marc Klok, Rizky Pellu, Asnawi Mangkualam, Zulham Zamrun, Arsyad Yusgiantoro (tengah) Ferdinand Sinaga, M. Rahmat, Bruce Djite, Guy Junior

Artikel Terkait