Besarnya hadiah yang disediakan oleh Mahaka Sports and Entertainment diakui manajemen Sriwijaya FC sebagai salah satu alasan keikutertaan laskar wong kito di turnamen Piala Indonesia Satu. Namun sekretaris tim SFC, Achmad Haris menegaskan bahwa besarnya hadiah bukanlah faktor utama yang membuat SFC akhirnya memutuskan ikut di turnamen yang awalnya dikhususkan bagi kontestan Indonesian Super League ini.

“Hadiah bukanlah prioritas utama SFC karena sama seperti klub lainnya, kami butuh turnamen yang berkualitas untuk ‘memanaskan mesin’ setelah sekian lama vakum pasca penghentian kompetisi, walau tidak dipungkiri hadiah yang besar juga pasti menjadi daya tarik lainnya,” ujar Achmad Haris saat dihubungi Minggu (2/8) sore.

Menurutnya, SFC awalnya sempat ragu dan berhati-hati dalam menyikapi turnamen PIS ini dikarenakan belum mendapat rekomendasi resmi dari PSSI. “Namun sekarang kami sudah pasti ikut, tetapi sekali lagi kami berharap agar pihak penyelenggara dapat tepat waktu dalam memberikan subsidi bagi seluruh peserta,” tambahnya.

Diakuinya, janji Mahaka untuk memberikan bantuan transportasi serta match fee akan sangat membantu klub dalam menyiapkan diri turun di turnamen ini. “Karena tidak semua klub yang sekarang kondisinya sudah normal kembali, hampir semua sponsor enggan memberikan kucuran dana jika tidak ada pertandingan yang diikuti. Sementara untuk persiapan awal seperti memanggil pemain, menggelar latihan serta operasional sehari-hari pasti menyedot dana yang lumayan. Karena itu akan sangat baik jika bantuan yang dijanjikan tersebut bisa diberikan di awal atau tepat waktu, kalaupun tidak bisa sekaligus mungkin bisa separuhnya terlebih dulu,” sarannya.

Pihaknya juga tidak terlalu mempermasalahkan adanya wacana perubahan nama turnamen dan akan kembali ke format awal yakni Piala Presiden. “Itu bukanlah hal yang krusial, yang terpenting adalah penyelenggara dapat memastikan mendapat izin kepolisian, dukungan resmi PSSI serta subisidi untuk klub diserahkan tepat waktu,” pungkasnya.

Sebelumnya, CEO Mahaka Sports and Entertainment, Hasani Abdul Gani, mengungkapkan hadiah turnamen Piala Indonesia Satu mencapai miliaran rupiah. Hal itu disampaikan Hasani agar klub-klub tertarik mengikuti turnamen yang digagasnya pihaknya itu. “Kami telah menyediakan total hadiah Rp 7 miliar. Semua itu akan dibagi untuk tim juara, runner-up, posisi ketiga, dan peraih top scorer,” kata Hasani. “Juara akan mendapat Rp 3 miliar, runner-up Rp 2 miliar, dan posisi ketiga Rp 1 miliar,” bebernya.