JEPARA-Kawasan perairan yang ada di Sumatera Selatan kedepan akan dimanfaatkan untuk pengembangan sektor budidaya pertenakan ikan. Potensi ini jika digarap dengan serius diyakini akan membawa dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat khususnya yang tinggal disekitar pesisir sungai dan pantai.
Demikian diungkapkan, Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya ketika meninjau Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau, di  Jepara Provinsi Jawa Tengah, Jumat(25/1).
“Sektor perikanan diyakini bisa dijadikan sebagai penunjang hidup masyarakat karena memiliki prospek yang cukup baik,” tegasnya.
Kunjungananya ke Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau, di  Jepara Provinsi Jawa Tengah tersebut, lanjut Mawardi merupakan bentuk pembelajaran yang nantinya akan diterapkan di Sumsel. Bahkan jika  perlu dalam pengelolaan perikanan di Sumsel ini nantinya tegas Mawardi, pihaknya akan mendatangkan langsung tenaga ahli dari  Balai Besar Jepara   untuk berbagi ilmu kepada Dinas Perikanan Sumsel.
Kedepan lanjut Mawardi, pihaknya akan memproyeksikan Pulau Maspari yang berada di Kabupaten Ogan Komering Ilir, untuk dijadikan pusat budidaya dan pembenihan berbagai macam biota laut. Seperti kepiting, udang dan berbagai jenis ikan laut lainnya.
“Kita harus ada  gebrakan untuk menunjang perekonomian masyarakat Sumsel diantara di sektor perikanan,” tambahnya.
Sementara itu,  Kepala Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau Jepara, Sugeng Raharjo mengatakan balai ini memiliki kegiatan prioritas mulai dari pembenihan, pembesaran dan lain lain.
“Disini banyak komuditas seperti udang windu, udang vanamei, udang marguensis, kepiting dan rajungan, ikan bandeng, tumput laut, kakap putih dan ikan nila salin. Ikan bandeng sangat prospek karena permintaan luar biasa. Ada investor minta satu hari dua kontainer,” ungkapnya.
Untuk menunjang kegiatan balai, lanjutnya adanya fasilitas penunjang serta tenaga ahli yang berpengalaman serta petugas laboratorium dan dokter khusus.
Kunjungan Wagub Sumsel H. Mawardi Yahya didampingi oleh staf khusus gubernur, kepala OPD, serta perwakilan dari kabupaten kot lainnya yang ada di Sumsel. (ADV)

RelatedPost