PALEMBANG — Menjelang hari raya Idul Fitri1437 H, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) memastikan ketersediaan stok bahan pangan dan menjamin tidak akan terjadi gejolak kenaikan harga.
Jaminan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Mukti Sulaiman, Jumat (17/6). “Masyarakat tidak perlu khawatir karena stok bahan pangan cukup, seperti  daging impor yang lebih berkualitas dan sehat dibanding daging lokal. Juga stok bawang, cabai merah, beras cukup tersedia. Kita juga mendapat pasokan gula sebanyak 500 ton dari PTPN VII dan segera akan dipasarkan,” katanya.
Pada saat Ramadhan dan Idul Fitri, Mukti Sulaiman mengimbau agar masyarakat jangan berlebihan dalam berbelanja khususnya untuk kebutuhan lebaran.
“Masyarakat sebagai konsumen harus pintar memilih, kalau ada yang murah dan berkualitas kenapa harus membeli yang mahal? Contohnya daging impor dari Australia itu sehat dan terjaga kehalalannya karena ada tim yang memantau, lebih murah lagi ketimbang daging lokal yang bukan disembelih di rumah potong hewan,” ujarnya.
Menurut Sekda Sumsel, operasi pasar (OP) akan terus digelar tidak hanya di Palembang tetapi juga di kota kabupaten lainnya hingga H-2 jelang lebaran. “Operasi pasar ini untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat. Minggu depan OP dilaksanakan di kota Prabumulih dan Lubuk linggau karena mereka kekurangan stok. Untuk kabupaten dan kota lain stok bahan pangan mereka cukup,” katanya. (juniara)

RelatedPost