PALI — Setelah melalui beberapa tahapan seleksi yang di mulai sejak April 2016 oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporpar) Kabupaten PALI,akhirnya sebanyak 33 siswa dari seluruh SMA/MA)SMK yang ada di wilayah Bumi Serepat Serasan terpilih sebagai calon Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) pada hari ulang tahun kemerdekaan RI 17 Agustus mendatang.

Dan hari ini, Senin (1/8) Plt Sekda PALI Robby Kurniawan membuka pelaksanaan pemusatan pelatihan dan pendidikan calon Paskibraka Kabupaten PALI di gedung Pesos komplek Pertamina Pendopo.

“Paskibra adalah suatu wadah penggemblengan atau pendidikan bagi siswa yang terpilih sebagai pengibar bendera nanti pada hari 17 Agustus.Ikuti kegiatan ini sebaik-baiknya, jaga kepercayaan karena tidak semua dapat kesempatan ini,” pesan Sekda.

Ditambahkanya bahwa kegiatan ini bukan hanya upaya persiapan pengibar bendera saja, tetapi lebih dari itu sebagai ajang untuk menunjukan jati diri kabupaten ini dan sebagai upaya membentuk karakter pemuda masa depan sebagai pemegang estafet pembangunan dimasa depan.

“Setelah ini ada pengukuhan Paskibraka sebagai bentuk kesiapan kalian untuk mengibarkan bendera nantinya. Kegiatan ini banyak manfaatnya, salahsatunya mendidik kedisiplinan serta menumbuhkan rasa nasionalisme. Buktikan bahwa kalian layak menjadi anggota Paskibraka dan buktikan juga kita tidak kalah dengan Paskibraka wilayah lain. Walau kita diam di kampung, tapi kita tidak kampungan,” imbuhnya.

Sekda berharap, akan ada diantara anggota Paskibraka 2016 menjadi seorang pemimpin.

“Saya ingat 15 tahun lalu, saya berdiri sama seperti ini dan hari ini bisa menjadi pembina, dan tidak menutup kemungkinan kalau diantara kalian bisa seperi saya. Jangan cepat puas dengan kondisi yang ada, bekali dengan keterampilan, tumbuhkan semangat membangun, agar potensi yang ada di PALI bisa dimanfaatkan untuk kemakmuran masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Darmawi Kepala Disporpar Kabupaten PALI menjelaskan bahwa selama kegiatan dilangsungkan, ke 33 calon Paskibraka di karantina sebelum pengukuhan.

“Awalnya ada 34 calon Paskibraka, namun satu orang ditarik menjadi calon pengibar bendera di provinsi. Mereka akan dikarantina mulai hari ini di hotel Nurtania golf Pendopo sebelum pengukuhan dan sampai hari 17 Agustus nanti,” jelas Darmawi. (yudhi)

Related Post