Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah menyiapkan serangkaian acara untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda 2018. Selain akan ada pembacaan ikrar sakti Sumpah Pemuda oleh 28 ribu pemuda, Kemenpora juga akan menggelar beberapa acara menarik seperti Apel Pemuda, Youth Expo and Festival dan yang lain.
Hal itu disampaikan oleh Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam saat memberikan keterangan pers di Media Center Kemenpora, Jakarta, Rabu (24/10) sore. Niam menyebutkan untuk pembacaan ikrar sakti Sumpah Pemuda pada puncak peringatan tanggal 28 Oktober nanti, rencana akan dihadiri juga oleh Presiden Joko Widodo.
“Berkenaan dengan rencana kehadiran Presiden pada puncak acara, saya bersama Pak Sesmen siang tadi sudah bertemu Pak Mensesneg. Bapak Presiden sangat responsif dan mendukung, insyaallah bersama 28 ribu pemuda berbagai profesi dan prestasi akan mengucapkan ikrar Sumpah tepat jam 17.30 WIB tanggal 28 Oktober, sebagai pengulangan peristiwa sejarah 90 tahun yang lalu,” ucap Deputi Asrorun.
Berbagai rangkaian kegiatan yang berkenaan dengan kepemudaan sudah dimulai sejak tanggal 1 Oktober yang dikemas dalam Bulan Pemuda. Acara lain juga disajikan seperti Sarasehan Legenda Pemuda (27/10), dilanjutkan Apel Pemuda dengan menyelenggarakan upacara bendera pada (28/10), ditambah penampilan budaya dari berbagai kalangan komunitas pemuda.
Ada lagi, Youth Expo and Festival yang akan digelar karnaval pemuda sepanjang 1,5 Km Jalan Pemuda Jakarta Timur serta karya-karya kreatif para wirausaha muda. Penutup rangkaian Bulan Pemuda dan Peringatan HSP ke-90 tahun ini akan diadakan “Malam Anugerah Kepemudaan 2018” di Balai Samudera TNI AL Jakarta pada tanggal 29 Oktober.
“Sumpah Pemuda adalah momentum historis untuk mempersatukan semua elemen bangsa untuk menghadapi semua tantangan bersama. Ini karena kerja keras pemuda, maka rangkaian peringatan akan diakhiri dengan berbagai anugerah, apresiasi, dan penghargaan,” tambah Niam.
Hadir, Sesdep Pengembangan Pemuda Amar Ahmad, Asdep Peningkatan Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Ibnu Hasan, Asdep OKP dan Pengawasan Kepramukaan Abdul Rofur, Asdep Kewirausahaan Pemuda Imam Gunawan. (cah/ril)

Artikel Terkait