Kabar mengejutkan datang dari Sriwijaya FC jelang bergulirnya turnamen Piala Jenderal Sudirman. Bukan mengenai pencoretan pemain atau bursa transfer, melainkan mundurnya manajer laskar wong kito, Robert Heri.

Meski belum ada pernyataan resmi, namun Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Sumsel ini disebut sudah menghubungi beberapa pemain pilar SFC dan menjelaskan mengenai keputusannya tersebut. Salah satu pemain senior SFC yang saat ini membenarkan hal ini dan mengaku sangat terkejut.

“Beliau sudah mengontak kami pada Minggu (1/11) sore dan berpamitan, tentu ini sangat membuat kami terkejut. Karena selama ini beliau sangat perhatian dan memperhatikan nasib pemain,” ungkap pemain yang enggan disebutkan namanya ini. Dirinya pun mengaku cukup khawatir mengenai kelangsungan tim SFC kedepannya, mengingat hampir seluruh pemain merupakan rekrutan Robert Heri secara langsung.

“Tentu tidak adil bila langsung menilai calon manajer pengganti lebih buruk, karena bagaimanapun kita harus melihat kinerjanya lebih dulu. Namun sebagai pemain, wajar kami sangat kehilangan sosok beliau,” tambahnya.

Sosok Nasrun Umar, Kadishub Provinsi Sumsel kini disebut sebagai calon kuat manajer anyar SFC. Saat dikonfirmasi, manajemen SFC belum bisa memberikan keterangan dan mengatakan baru akan mengumumkan mengenai persiapan tim menuju turnamen Piala Jenderal Sudirman pada Selasa (3/11) mendatang. Sementara saat dihubungi melalui sambungan telpon, Robert Heri tidak menjawab panggilan.
Sejauh ini, skuad SFC baru akan berkumpul pada Senin (2/11) dan mulai berlatih sore esok harinya.

Sementara itu, hal ini sendiri mendapat tanggapan cukup serius dari kelompok suporter SFC, Singa Mania. “Jangan sampai mundurnya manajer ini menggangu persiapan tim ke turnamen Piala Jenderal Sudirman, yang kami takutkan adalah eksodus besar-besaran pemain yang kita ketahui banyak diantaranya merupakan rekrutan langsung dan melalui pendekatan personal RH,” ungkap Ariyadi Eko, ketum Singa Mania.

Namun dirinya sendiri optimis, manajemen SFC sudah memikirkan matang-matang mengenai hal ini. “Kita tetap harus berpikir positif, karena pemain bisa datang dan perganti, pelatih juga bisa silih berganti. Begitupun manajer, sebagai suporter tugas kami hanyalah mendukung SFC, apapun kondisinya nanti,” tegasnya.

Meski dikenal sebagai sosok kontroversial dan belum memberikan gelar bagi SFC sejauh ini, namun Robert Heri dianggap berhasil dalam memberikan stabilitas keuangan serta mampu mendatangkan beberapa pemain berkualitas dan penuh kejutan.