PALEMBANG — Selain mengumumkan evaluasi dan kerangka tim untuk musim depan, pelatih anyar Sriwijaya FC Rahmad Darmawan juga menyebut akan melakukan penyegaran di staf kepelatihan laskar wong kito. Dari nama-nama yang telah diumumkan, semuanya merupakan wajah baru dan hanya menyisakan Heri Susilo dari staf kepelatihan SFC di kompetisi Liga 1 Indonesia 2017.

Hal ini sendiri seperti mengulang kebiasaan RD yang hampir selalu membawa orang kepercayaannya di posisi staf kepelatihan. Kali ini, pelatih asal Lampung membawa 2 orang yang terakhir turut membantunya di klub T Team Malaysia lalu yakni Rasiman dan Kurnia Sandy.

Rasiman nantinya memiliki tugas sebagai tim analis dan mensuplai data statistic serta video pemain T-Team maupun tim lawan. Rasiman juga bukan orang baru buat Rahmad. Mantan asisten pelatih Timnas Indonesia U-19 dan U-16 ini pernah mendampingi Rahmad sebagai tim penyuplai data pemain pada SEA Games 2013.

Sedangkan Kurnia Sandy akan menggantikan peran Kurnia Sandy dan bertanggung jawab melatih para penjaga gawang SFC dan klub pertama yang dilatihnya di Indonesia. Selepas pensiun pada 2012, Sandy hanya sempat menukangi tim-tim level junior. Terakhir pemain yang pernah dipinjam klub Italia, Sampdoria, saat melakukan tur ke Asia pada pertengahan 1990-an, tercatat sebagai staf pelatih Frenz United Indonesia.Walau masih minim jam terbang melatih klub, saat aktif bermain Sandy sosok kiper Timnas Indonesia yang tak tergantikan periode 1990-an.

Selain itu, di posisi asisten pelatih RD membawa sahabatnya yakni Francis Wawengkang yang terakhir membesut SFC U19. Sebenarnya Enal sendiri sempat akan diboyong ke Malaysia, namun saat itu terkendala belum memiliki lisensi AFC.

Namun menariknya, tidak ada nama Satia Bagdja di posisi asiten pelatih fisik. Satia sebelumnya hampir selalu mendampingi RDmulai dari Persikota Tangerang,  Sriwijaya FC, Arema Cronus, Persebaya Surabaya, dan juga Persija Jakarta. Ia juga jadi pendamping saat RD menukangi Timnas Indonesia SEA Games 2011 dan 2013. “Untuk posisi pelatih fisik, masih kita pertimbangkan dulu namun yang pasti tetap akan dari lokal,” jelas RD singkat. (dedi)