Palembang,Laskarwongkito.com-Penerapan teknologi VAR (Video Assistant Referee) di Piala Dunia 2018 mendapat banyak tanggapan, tidak terkecuali dari pelaku sepakbola di tanah air. Pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan sendiri mengaku turut mengikuti penggunaan teknologi ini dan berharap kedepannya VAR bisa diterapkan di kompetisi Liga 1 Indonesia 2018.
“Saya pikir harus diterapkan di Indonesia, karena hal ini akan sangat memandu wasit dan menepikan isu-isu negatif di sebuah pertandingan. Pada akhirnya semua akan merasa nyaman di lapangan,” ungkapnya usai sesi latihan di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), Selasa (19/6) sore.
Menurutnya, dengan teknologi VAR maka semua proses seperti terjadinya gol, pelanggaran yang berbuah kartu akan dapat dilihat dengan lebih jelas. “Jadi betul terlihat mana yang layak gol, kartu atau proses lainnya. Teknologi pun sekarang tidak bisa diabaikan, walau beberapa prinsip alami tetap harus dikedepankan,” ungkapnya.
Oleh karena itu, RD pun menyatakan sangat mendukung bila penggunaan VAR akan diterapkan di tanah air. “Saat ini memang tidak cukup hanya 3 pengadil di lapangan, sekelas FIFA saja butuh dan memang hal ini lebih untuk mengedepankan sportifitas. Saya sangat mendukung dan semoga dapat direspon pihak yang terkait,” harapnya.
Di pesta sepakbola terbesar di dunia ini, RD mengaku tetap konsisten mengunggulkan 5 tim, walau hampir kebanyakan membuat start kurang maksimal. “Dari dulu saya konsisten mendukung Brasil, Argentina, Jerman, Spanyol dan Inggris. Namun hampir semuanya mengawali turnamen dengan kurang baik, Jerman bahkan kalah walau memang Meksiko bermain luar biasa,” bebernya. Pelatih asal Lampung ini pun mengaku Brasil dan Argentina akan mampu bangkit kedepannya dan menunjukkan permainan terbaiknya. “Rasanya tetap kedua negara tersebut yang mantap mainnya, dan peluang juara ada di 5 negara tadi,” pungkasnya. (Win)

Related Post