PALEMBANG — Dalam meyarakan HUT kemerdekaan RI ke-72, 1.800 bikers Honda menggelar turing ke tempat bersejarah dan silaturahmi antar komunitas dengan tajuk “Convoy Merdeka”. Kebersamaan antar bikers Honda yang tergabung dalam 54 komunitas All New CB150R StreetFire dan paguyuban komunitas sepeda motor Honda yang tersebar di Tanah Air ini menjadi ajang memperkuat persatuan dan kesatuan, serta kecintaan terhadap Tanah Air.

Khusus di Palembang, Konvoi Merdeka kali ini mengusung tema yang bertajuk “Bikers Bhineka Tunggal Ika” dan diikuti 60 bikers dari komunitas All New CB150R Streetfire Palembang. Bertempat di halaman Astra Motor Sumsel, serangkaian kegiatan dipersiapkan untuk memeriahkan hari kemerdekaan yang dimulai dengan konvoi kemerdekaan.

Konvoi Merdeka kali ini yaitu mengelilingi kota Palembang dengan rute Astra Motor Plaju – Naga Sewidak Putra – Flyover Simpang Jakabaring – Jembatan Ampera – Jalan Jenderal Sudirman – Pasar Cinde – Simpang Charitas – Simpang Sekip – Simpang Polda – Pasar KM 5. Tujuan akhir dari konvoi merdeka ini yaitu rombongan diajak untuk mengunjungi Museum Balaputera Dewa yang bertempat di Jalan Srijaya I No 28, Palembang.

Manager Marketing Astra Motor Sumsel, Thomas Pradu mengatakan semangat Satu Hati menjadi landasan Astra Motor Sumsel dan Honda dalam mendukung bikers Honda merayakan kecintaannya terhadap negeri ini pada hari kemerdekaan RI. Kegiatan ini turut diperkuat dengan kegiatan yang bermanfaat untuk generasi muda dengan pengenalan sejarah Indonesia, khususnya sejarah di Sumatera Selatan ke Museum Balaputra Dewa untuk meningkatkan rasa nasionalisme.‎

“Bersama para bikers setia Honda, kami berupaya bersama menghormati perjuangan para pahlawan dengan beragam aktivitas yang bermanfaat dan menginspirasi kebaikan di antara sesama. Seperti yang telah dicontohkan para pahlawan kita. Kami senang bikers Honda saat ini semakin solid dan besar kecintaannya terhadap negeri ini,” tutur dia Thomas.

Selain melakukan Konvoi Merdeka, para bikers pun melanjutkan kegiatan dengan melakukan lomba khas Agustusan untuk memeriahkan hari kemerdekaan ini, seperti lomba gaplek, lari karung menggunakan helm dan joget bola ping pong.

Febri, salah satu bikers mengungkapkan sangat antusias mengikuti kegiatan konvoi merdeka ini. Banyak kegiatan positif pada serangkaian kegiatan ini, bukan hanya memeriahkan hari kemerdekaan RI tetapi juga diajak menghargai perjuangan para pahlawan dengan berkunjung ke museum di Palembang.

“Jika tahun lalu kami merayakan hari kemerdekaan RI dengan berkunjung ke Monpera, tahun ini kami diajak mengunjungi museum Balaputra Dewa. Banyak hal positif yang bisa diambil dalam kegiatan ini, selain menumbuhkan rasa nasionalisme, kami juga diberikan sosialisasi edukasi safety riding.” ungkap Febri.

Sebagai pelopor keselamatan berkendara, Astra Motor Sumsel juga menyempatkan untuk memberikan sosialisasi keselamatan berkendara kepada para bikers. Astra Motor Sumsel tak henti-hentinya menghimbau dan mengajak masyarakat Sumatera Selatan untuk selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara yaitu selalu menggunakan helm, jaket, sarung tangan sebelum berkendara. (rill)

Artikel Terkait