PALEMBANG — Situasi berbeda dialami jelang persiapan laga melawan Persiba Balikpapan, Selasa (29/8) sore di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang. Bila sebelumnya hampir di setiap pertandingan laskar wong kito mengalami krisis pemain di lini belakang, maka di laga pekan 22 kompetisi Liga 1 Indonesia 2017 ini hampir semua punggawa lini pertahanan dapat dimainkan.

Tidak ada pemain yang mengalami hukuman akumulasi ataupun sedang dalam masa pemulihan penyembuhan cedera, termasuk juga beberapa pemain yang sebelumnya sempat dikabarkan belum siap 100 persen seperti Bio Paulin, Zalnando, Bobby Satria ataupun M Roby. Keempat nama ini memang tidak masuk dalam susunan line up SFC di partai terakhir kontra Bhayangkara FC (20/8) lalu karena dinilai tim pelatih belum dalam kondisi terbaiknya.

Awalnya, manajemen SFC sempat berencana ingin menggelar laga uji coba melawan tim lokal di Palembang guna memantau perkembangan terakhir para pemain yang sebelumnya berkutat dengan tim medis dalam proses pemulihan cedera. Namun hal ini dibatalkan karena manajemen kesulitan mendapatkan lawan latih tanding yang sepadan, apalagi hampir semua tim di Sumsel saat masih mengikuti Liga Nusantara yang dipusatkan di 2 wilayah yakni Muara Enim dan Musi Banyuasin.

Pelatih SFC, Hartono Ruslan sendiri menyebut bahwa mengantisipasi hal tersebut, pihaknya tetap menggelar latih tanding internal guna memantau kondisi terkini seluruh pemain. Dan hasilnya, meski belum berada di kondisi terbaiknya, namun secara keseluruhan pemain seperti M Roby, Bio Paulin, Bobby Satria ataupun Zalnando punya peluang untuk dapat diturunkan saat laga melawan Persiba Balikpapan (29/8) nanti.

“Tetapi tentu kita akan memainkan pemain yang benar-benar siap, baik secara fisik, mental ataupun sesuai dengan kebutuhan strategi. Masih ada beberapa hari dan 5 sesi latihan lagi sebelum hari pertandingan nanti, namun saya senang karena semakin banyak pilihan di lini belakang,” tambahnya. Saat ini, SFC memiki 10 pemain di lini belakang yakni Gilang Ginarsa, Marco Meraudje, Yanto Basna, Bobby Satria, Zalnando, Indra Permana, Bio Paulin dan 3 remain yang baru didatangkan di putaran kedua yaitu Dominggus Fakdawer, Achmad Faris serta M Robby.

Saat ini, pemain SFC yang tengah dalam proses pemulihan cedera praktis tersisa Airlangga Sucipto. Sedangkan Rahmad Hidayat yang dalam 1 minggu terakhir sempat menjalani latihan terpisah juga telah kembali berlatih penuh bersama pemain lainnya.

Artikel Terkait