Laskarwongkito.com-Pemerintah resmi menggelar turnamen game online Mobile Legend bertajuk “Piala Presiden Esport 2019”.  Ajang ini didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementerian Pemuda dan Olehraga, Kantor Staf Presiden (KSP), Kemenkominfo‎ dan Indonesia Esports Premier League (IESPL). Dengan adanya turnamen ini diharapkan Indonesia dapat memiliki bibit unggul di bidang Esports.

Turnamen ESports pertama di Indonesia ini mendapat dukungan penuh dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf),  Triawan Munaf disela sela acara Kick Off Piala Presiden eSports 2019, menuturkan acara ini tidak hanya game namun juga olah raga yang menarik.

“Kami ingin menciptakan ekosistem yang inklusif untuk insan-insan kreatif.” Ujarnya.

Kepala Staf Presiden Moeldoko, mendukung sepenuhnya gelaran kompetisi untuk para gamers Mobile Legends ini. Menurutnya, munculnya permainan daring sama halnya dengan munculnya lompatan teknologi yang terjadi pada satu dekade belakangan, seperti taksi daring, belanja daring, dan maraknya penggnaan media sosial. Presiden Jokowi, ujar Moeldoko, melihat kondisi ini sebagai peluang yang harus dierbut agar Indonesia bisa tampil di panggung dunia.

Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf) mencatat bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-16 sebagai pasar epsorts dunia dengan nilai pendapatan hingga 879,7 juta dolar AS. Potensi ini, ujar Moeldoko, harus ditarik ke arah yang positif termasuk dengan mendorong anak-anak muda gamers menyalurkan bakatnya untuk kompetisi yang menghasilkan prestasi.

“Piala Presiden Esports 2019 digelar dengan tujuan menciptakan serta mewadahi ekosistem Esports yang semakin berkembang. Lebih jauh lagi agar dunia Esports Indonesia tidak hanya berkembang tapi juga lebih siap berlaga di tingkat dunia,” ungkap Moeldoko.

Presiden ‎IESPL Giring Ganesha menjelaskan Piala Presiden Esports akan dibuka pada Januari 2019. Babak kualifikasi dilaksanakan di delapan kota. Piala Presiden ESports akan dibuka pada Januari 2019 dan babak kualifikasi akan dilaksanakan di delapan kota yakni Bali, Palembang, Bekasi, Pontianak, Surabaya, Manado, Makasar, dan Solo.

Nantinya tim terbaik dari masing-masing kota kualifikasi akan mengikuti bootcamp dengan pelatih dan manajer ahli IESPL untuk selanjutnya bersaing di babak Grand Final, 30-31 Maret 2019.

“‎Kehadiran IESPL terinspirasi dari harapan Bapak Jokowi yang menginginkan ekosistem Esports. Berbekal pengalaman menyelenggarakan liga Esports multicabang yang diikuti oleh berbagai tim terbaik tanah air. IESPL berharap Piala Presiden Esports dapat menjadi kompetisi tahunan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh tim di Indonesia,” tambah Giring Ganesha. (Red/win)

 

 

 

Related Post