Piala Presiden 2018 baru saja berakhir dan menyisakan sejumlah catatan penting bagi Sriwijaya FC. Beberapa pemain terlihat sangat menonjol dan nyaris tidak tergantikan di 7 pertandingan yang dijalani laskar wong kito di turnamen pra musim ini.

Diantaranya ialah Teja Paku Alam yang menjadi pemain terakhir di lini pertahanan SFC. Alumnus SFC U21 ini selalu menjadi starter dan selalu bermain penuh di setiap pertandingan. Sedangkan 1 pemain lagi yang selalu diturunkan sejak menit pertama oleh pelatih SFC Rahmad Darmawan adalah Makan Konate.

Hamka Hamzah sendiri juga punya catatan serupa, namun bek berpengalaman ini baru bergabung di laga penutup grup A saat SFC bersua PSMS Medan (26/1) lalu dan sejak itu nyaris selalu menjadi pilihan pertama. Bersama Konate dan Teja, Hamka sendiri menjadi pemain yang paling menonjol untuk urusan menit bermain.

Dibawah ketiganya, muncul nama Adam Alis dan Syahrian Abimanyu. Kedua pemain ini sendiri sama-sama bermain di seluruh pertandingan yang dimainkan, namun 1 kali turun sebagai pemain pengganti. Setelah kelimanya, beberapa pemain lainnya mendapat rotasi dari RD dan menyisakan 6 pemain yang belum mendapat kesempatan bermain. Keenam pemain tersebut yakni Sandi Firmansyah, Rangga Pratama, Dikri Yusron, Rizky Dwi Ramadhana, Beri Rahmada dan Rafif Adri.

Sementara itu untuk urusan mencetak gol, SFC juga mencatat statistik yang cukup unik. Tidak ada pemain yang sangat dominan dalam mencetak gol ke gawang lawan dan 12 gol SFC dihasilkan oleh 6 pemain berbeda. Trio pemain di lini depan, Alberto Goncalves, Makan Konate dan Manuchekhr Dzalilov masing-masing mencetak 2 gol.

Namun uniknya, 3 pemain SFC yang berposisi sebagai bek tengah yakni Bio Paulin, Mamadou Ndiaye dan Hamka Hamzah sama-sama menyumbangkan 1 gol. Selain itu, kesemua gol yang dicetak pun berasal dari sundulan kepala menyambut set piece bola mati. Situasi bola mati sendiri memang menjadi favorit SFC untuk urusan mencetak gol karena mampu menyumbangkan total 8 gol dengan perincian 2 dari tendangan penalti, 2 tendangan bebas dan 4 dari tendangan pojok.

Artikel Terkait