Laskarwongkito.com-Timnas U-16 kembali mendapatkan hasil positif dengan berhasil menahan imbang Vietnam, senin (24/9/18) dalam laga lanjutan grup C Piala AFC U-16 2018. Bermain di stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, anak asuh Fachri Husaini ini sempat tertinggal terlebih dahulu pada menit ke-31, namun Zico akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-49.

Indonesia yang berkostum merah tampil menekan sejak menit-menit awal pertandingan, namun pertahanan Vietnam masih disiplin menghalau serangan pemain timnas U-16. Penjagaan ketat ditampilkan Vietnam terhadap Bagus Kahfi. Hal itu terbukti efektif, Bagus Kahfi kesulitan menciptakan peluang karena ditempel dua hingga tiga pemain Vietnam.

Pada menit 13, Indonesia menciptakan peluang. Bagus Kahfi berhasil melewati satu pemain bertahan Vietnam yang diakhiri dengan tendangan keras dari luar kotak penalti. Namun, bola masih tepat mengarah ke penjaga gawang Vietnam.

Petaka menimpa timnas Indonesia pada menit 31. Berawal dari skema tendangan bebas, Timnas U-16 Vietnam berhasil memanfaatkan peluang. Gawang Indonesia kebobolan setelah kiper Ernando Ari tak mampu menepis bola hasil tendangan bebas Khuat Van Kang. Bola meluncur ke pojok kiri atas gawang tak mampu dibendung Ernando.

Indonesia mencoba menyamakan kedudukan, namun ketatnya penjagaan pemain Vietnam terhadap Bagus membuat serangan Indonesia gagal. Khuat Van Kang hampir saja kembali mencetak gol. Menerima umpan dari sisi kanan pertahanan pada menit 43, Khuat Van Kang melesatkan sundulan keras namun bola masih sedikit melambung di atas gawang timnas u-16 Indonesia.

Timnas Indonesia hampir kebobolan satu menit berselang melalui serangan balik, namun pemain Vietnam gagal berduel dengan Ernando. Tidak ada lagi gol yang tercipta, skor 0-1 bertahan hingga akhir babak pertama. Penyelamatan Ernando membuat timnas U-16 hanya kemasukan satu gol saja karena Vietnam mampu mempertahankan keunggulannya dengan skor 1-0 pada babak pertama.

Selepas jeda, Fakhri menambah amunisi di lini depan. Pelatih asal Aceh tersebut memainkan Sutan Zico untuk menggantikan Amanar. Fakhri membuat keputusan brilian dikarenakan Zico akhirnya mampu mencetak gol bagi Indonesia pada menit ke-49.

Zico menerima bola dari Bagus di dalam kotak penalti melepaskan tendangan keras meski berada di sudut sempit. Bola hasil tembakan Sutan tidak bisa dibendung kiper lawan. Setelah itu, Indonesia menguasai permainan. Mereka punya sejumlah emas tapi gagal dimanfaatkan hingga laga usai.

Dengan hasil ini, Indonesia tetap berada di puncak klasemen dengan mengoleksi 4 poin. Poin mereka sebetulnya sama dengan India tetapi Garuda Asia yang memuncaki klasemen karena uggul produktivitas gol. (red/win)

 

 

 

Artikel Terkait