Jakarta: Menpora Imam Nahrawi meninjau latihan fisik tim basket putra Indonesia untuk Asian Games 2018 di Elite Club Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (2/8) pagi. Menpora memberikan apresiasi terhadap apa yang telah dilakukan oleh tim basket putra Indonesia untuk menghadapi Asian Games mendatang.
“Hari ini saya berkunjung kesini ingin melihat langsung optimis tim basket putra. Saya optimis tim basket putra kita sanga luar biasa. Mereka melihat bahwa selama ini proses try out sudah berjalan dengan baik. Mereka ini punya semangat baru untuk bisa lebih baik saat ajang Asian Games 2018,” ujarnya.
Ia melanjutkan, samangat ini yang harus kita rawat dan kita dukung. “Karenanya saya berharap perjuangan mereka ini betul-betul kita hargai sebagai sebuah proses panjang yang telah mereka lakukan. Mereka telah berjuang serta berkorban dan Asian Games adalah ajang pembuktian bagi sebuah proses perjuangan dan pengorbanan mereka. Sehingga apapun nanti mereka akan memberikan yang terbaik bagi negeri ini. Pada tahun 2023 kita akan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia basket dan mereka nantilah yang mengawal itu semua,” jelasnya.
Menpora juga mengatakan sejauh ini tidak ada kendala yang berarti, bahkan mereka katakan model kebijakan baru yang diberikan pemerintah sangat baik dan harus dipertahankan. “Yang terpenting adalah menjaga spirit kita dan menjaga psikologi kita. Terlebih lagi niat kita untuk memberikan yang terbaik karena kita main di rumah sendiri,” tambahnya.
Sementara Pelatih Fictor Roring mengatakan, Tim Nasional Basket Putra Indonesia sudah mantap menatap Asian Games 2018. Sejauh ini mereka sudah siap 100% untuk beraksi di ajang tersebut. “Latihan hari ini semua berjalan baik untuk persiapan akhir Asian Games. Di sesi akhir tadi kami perbanyak latihan-latihan shooting. Sejauh ini sudah 100 persen. Kami sisa pemantapan saja,” tuturnya.
“Dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Menpora yang telah datang berkunjung dengan melihat langsung dan kasih dukungan. Ini bukti  nyata bahwa kita tidak sendirian, kita  benar-benar diperhatikan oleh pemerintah,” ujarnya. Di Asian Games 2018, Timnas basket Indonesia tergabung di Grup A bersama Korea Selatan, Mongolia, dan Thailand. (rep/ril)

Artikel Terkait