Menghadapi babak 8 besar turnamen Piala Presiden 2018, Sriwijaya FC menggelar latihan kembali pada Senin (29/1) sore di stadion Bumi Sriwijaya Palembang. Sebelumnya, laskar wong kito sempat merencanakan menggelar pemusatan latihan di Yogyakarta namun akhirnya dibatalkan.

“Memang sempat ada rencana dari tim pelatih untuk TC di Jogja setelah dari putaran grup di Bandung kemarin. Namun akhirnya dibatalkan karena setelah dicek oleh coach RD ternyata kita kesulitan untuk mendapatkan lapangan latihan disana, sudah dipakai oleh beberapa klub Liga 1 lainnya yang sudah lebih dulu melakukan TC serupa,” jelas sekretaris tim Achmad Haris saat dihubungi Minggu (28/1) siang.

Menurutnya, TC di Jogja memang sempat menjadi pilihan karena beberapa hal. Selain lapangan yang dekat dengan hotel yang diincar, banyak juga tim dari Liga 2 di sekitar Jogja yang dapat diajak untuk berlatih tanding nantinya. “Meski sudah masuk 8 besar, namun coach RD tetap menginginkan adanya uji coba karena banyak pemain SFC lainnya yang juga memerlukan menit bermain, apalagi sejak awal kita tegaskan bahwa Piala Presiden ini merupakan bagian dari persiapan tim menghadapi kompetisi sesungguhnya nanti,” ungkapnya.

Karena kesulitan lapangan tersebut, seluruh tim akhirnya diputuskan untuk kembali ke Palembang terlebih dulu. “Kemungkinan hari pertama kita akan latihan di stadion Bumi Sriwijaya terlebih dulu, kemudian keesokan harinya sesuai dengan program yang sudah disusun oleh tim pelatih, para pemain akan melakukan 2 sesi latihan yakni di fitness centre Jakabaring Sport City serta lapangan atletik JSC. Para pemain sendiri baru akan berangkat ke Solo, Kamis (1/2) mendatang,” bebernya.

Sementara itu, meskipun mendapat libur selama 2 hari, pelatih SFC Rahmad Darmawan mengatakan tetap memberikan program latihan bagi seluruh pemain. “Sebenarnya untuk masa persiapan ini, cukup riskan memberikan libur yang cukup lama. Namun ada sisi psikologis yang harus saya pikirkan, para pemain sudah cukup lama berpisah dengan keluarganya dan perlu refreshing sebentar,” ungkapnya.

Beberapa pemain sendiri meskipun libur akhirnya memutuskan tetap menggelar latihan fisik sendiri. Didampingi sejumlah pelatih, legiun asing seperti Makan Konate, Mamadou Ndiaye dan Yu Hyun Koo berlatih di fitness centre JSC, Minggu (28/1) sore.

Artikel Terkait