Sebutan grup neraka yang disematkan kepada grup A Piala Presiden 2018 terbukti. Pasalnya, penentuan juara grup dan runner up grup A akan ditentukan hingga partai terakhir yang digelar Jumat (26/1) mendatang. Tiga tim yakni PSMS Medan, Sriwijaya FC dan Persib Bandung masih sama-sama memiliki peluang untuk lolos ke babak selanjutnya.

Di atas kertas, peluang besar dimiliki PSMS Medan yang saat ini menjadi pemuncak klasemen sementara denga nilai 6. Skuad Ayan Kinantan tinggal mencari hasil imbang saat bertemu SFC di laga terakhir grup A nantinya. Sementara laskar wong kito sendiri tidak punya pilihan lain dan harus memenangkan laga hidup mati melawan PSMS nantinya. Tidak hanya harus menang, Teja Paku Alam dkk juga harus menang dengan selisih 2 gol agar mampu merebut posisi juara grup. Pasalnya, aturan di Piala Presiden 2018 menyebutkan bahwa jika 2 tim memiliki poin yang sama maka penentuannya akan dilihat dari selisih gol terlebih dulu.

Bila selisih gol sama, maka akan dilihat jumlah gol memasukkan kemudian barulah head to head antara keduanya. Apabila masih sama, maka akan dilakukan undian untuk menentukan pemenangnya. Hal ini sendiri membawa SFC duduk di posisi runner up sementara klasemen Grup A. Meski kalah dari Persib Bandung di laga perdana lalu, namun SFC memiliki selisih gol yang lebih baik sehingga naik ke peringkat kedua.

Persib Bandung sendiri juga tetap punya peluang untuk lolos sebagai juara grup A dengan catatan menang telak atas PSM Makassar di laga terakhir. Diperlukan setidaknya 6 gol tanpa balas bagi Persib dan berharap laga SFC melawan PSMS Medan berakhir seri.

Artikel Terkait