PALEMBANG — Berbeda dengan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) sebelumnya, perlombaan cabor senam di ajang Porprov XI Sumsel 2017 kali ini persaingannya jauh lebih merata. Tidak ada daerah yang benar-benar dominan dan perebutan gelar juara umum nantinya dipastikan berjalan menarik.

Seperti terlihat di hari pertama pelaksanaan perlombaan cabor senam, Senin (20/11) di GOR Dempo Jakabaring Sport City. Dari total 6 emas yang disediakan, tidak ada daerah yang berhasil menyabu bersih perolehan medali. Palembang sendiri tercatat menjadi pemuncak di hari pertama ini setelah mampu mengumpulkan 3 medali emas dan 1 perak, diikuti Lubuk Linggau dengan catatan 2 medali emas dan 1 perunggu. Sementara 1 emas tersisa berhasil diraih oleh Banyuasin.
Torehan 3 medali emas untuk Palembang sendiri dihasilkan melalui nomor beregu artistik putra, All Round Putra atas nama M Rifta dan nomor beregu putri. Sedangkan Lubuk Linggau menguasai nomor ritmik putri dan menyapu bersih 2 medali emas yang disediakan, yakni lewat nomor beregu ritmik dan All Round ritmik putri atas nama Weni Purwati. Sementara 1 medali emas tersisa diambil Banyuasin di nomor All Round artistik putri melalui Dian WP.
Ketua pelaksana cabor senam, Adi Wahyuono menyebut persaingan di Porprov XI Sumsel 2017 ini memang menunjukkan persaingan yang ketat. “Banyak muncul muka baru, kita cukup senang karena artinya proses pembinaan yang dilakukan di setiap daerah berjalan dengan baik. Apalagi target kita jelas ingin memperbaiki pencapaian di PON Papua 2020 nanti,” jelasnya.
Pihaknya pun menyebut untuk pelaksaan cabor senam kali ini, pihaknya pun melakukan beberapa terobosan untuk lebih meningkatkan proses pembinaan. “Harus ada renegerasi, jadi selain pembatasan usia maka ada beberapa kesepakatan lainnya yang sudah disetujui oleh semua daerah saat technical meeting. Untuk program Sriwijaya Emas 2020 sendiri cabor senam menyumbangkan 1 atlet atas nama Fajar Ali yang memang secara otomatis tidak diperkenankan ikut bertanding disini,” pungkasnya. Di hari kedua cabor senam, Selasa (21/11) masih akan menyisakan 14 medali emas tersisa, yakni 4 emas di nomor ritmik putri, 4 emas (artistik putri) dan 6 emas (alat putra). (dedi)
Nomor beregu artistik putra 
Emas : Palembang
Perak : Banyuasin
Perunggu : OKU Timur 
All round putra
Emas : M Rifta Palembang
Perak : Musi Rawas Rio Meicandra
Perunggu : OKU Fernando
Nomor beregu artistik putri
Emas : Palembang
Perak : Banyuasin 
Perunggu : OKU Timur 
All round artistik putri :
Emas : Dian WP (Banyuasin)
Perak : Siti Nurul K (OKU Timur)
Perunggu : Meilinia Indah (Palembang)
Nomor beregu ritmik
Emas : Lubuk Linggau 
Perak : Palembang 
Perunggu : Muba
All round ritmik 
Emas : Weni Purwati (Lubuk Linggau)
Perak : Mutia Safitri (Palembang)
Perunggu : Mita Pasya (Lubuk Linggau)