PALEMBANG — Sebanyak 224 Atlet Sumatera Selatan serta 71 Official yang akan berlaga di PON ke-19 Bandung Jawa Barat, Jumat(9/9) dikukuhkan dan dilepas keberangkatannya oleh Wakil Gubernur Ishak Mekki bertempat di halaman venue lapangan tembak Jakabaring Sport City Palembang Sumatera Selatan.

Sebagian besar kontingen Sumsel Pon ke-19 ini akan bertolak ke Bandung dengan menggunakan puluhan mobil yang merupakan bantuan dari pihak SKPD setempat sebagai operasional mereka selama disana dan selebihnya akan diterbangkan menuju Bandung dengan menggunakan dana APBD yang dianggarkan oleh pemerintah provinsi Sumatera Selatan.

Menurut Ketua Harian KONI Sumsel, H Nasrun Umar, adapun penggunaaan operasional yang disiapkan oleh SKPD ini merupakan langkah efisiensi yang dilakukan oleh pemerintah daerah dengan melibatkan semua SKPD terkait dimana pertimbangan ini diambil berdasarkan pengalaman sebelumnya jika kalau menggunakan kendaraan sewa disana maka bisa menghabiskan sekitar 500 juta lebih. Sedangkan hal tersebut menjadi kebutuhan operasional yang digunakan untuk mobile kontingen ke venue -venue pertandingan dan hal lainnya selama disana dikarenakan lokasi pertandingan yang berpindah-pindah.

Di samping itu juga, puluhan mobil-mobil ini pun telah dibranding sebagai salah satu upaya pemerintah Sumsel mensosialisasikan Asian Games nanti. Setidaknya selain efisien kita secara tidak langsung juga turut mengenalkannya dengan puluhan mobil yang akan hilir mudik di provinsi Jawa Barat tersebut,tambahnya.

Tak hanya itu, pemerintah melalui KONI Sumsel pun menjanjikan bonus satu unit apartemen rusunami Jakabaring serta sejumlah uang tunai bagi atlet yang mampu menyumbangkan medali emas bagi Sumatera Selatan. Dengan harapan, motivasi yang diberikan ini mampu mengantarkan Sumsel menduduki 10 besar dan menjadi target KONI Sumsel dalam perhelatan pesta olahraga 4 tahunan ini, tegas Nasrun.

Harapan yang sama pun dilontarkan oleh Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki, dirinya berharap dengan segala kesiapan serta motivasi yang sudah diberikan pemerintah ini mampu mendorong semangat juara bagi ratusan pejuang olahraga Sumsel ini sehingga dapat berbicara banyak di panggung PON ke-19 Bandung Jawa Barat.

Nantinya, ratusan pejuang Sumsel ini akan berlaga di 250 nomor pertandingan dari 29 cabang olahraga yang diikuti dengan memperebutkan sebanyak 759 medali yang di ajang PON ke -19. (Pong/16)

RelatedPost