PALEMBANG — Jelang laga semifinal sepakbola SEA Games 2017 yang mempertemukan Malaysia melawan Indonesia, pelatih Sriwijaya FC Hartono Ruslan menyebut timnas Garuda Muda punya kemampuan untuk membungkam tuan rumah sekaligus merebut 1 tiket ke partai puncak.

“Saya melihat timnas Indonesia tidak kalah kualitas dari Malaysia, bahkan menurut saya mereka hanya unggul karena statusnya sebagai tuan rumah saja. Karena itu faktor mental akan sangat menentukan, mereka tidak boleh keder atau takut dengan banyaknya penonton pendukung Malaysia, karena suporter kita pun jauh lebih militan,” ungkapnya saat dimintai komentarnya mengenai hal ini usai sesi latihan SFC, Jumat (25/8) sore.

Namun dirinya mengatakan bahwa absennya Hansamu Yamma cukup akan memberikan pengaruh nantinya. “Sejauh ini Hansamu sudah menunjukkan penampilan yang sangat baik selama babak penyisihan. Sebagai kapten, dia juga bisa memimpin timnas dan mengayomi pemain lainnya. Tapi saya yakin pelatih sudah punya solusi soal hal ini, siapapun penggantinya harus bisa tenang di lini pertahanan,” bebernya.

Terkait timnas sendiri, pelatih asal Solo ini juga menyebut beberapa anak asuhnya juga punya kepantasan untuk tergabung di dalam skuad timnas Indonesia di SEA Games. Di timnas asuhan Luis Milla kali ini memang tidak ada pemain SFC yang terpanggil dan hanya ada 2 pemain yang sempat mengikuti proses seleksi.

“Saya pikir Yanto Basna layak masuk timnas, karena dari sisi usia masih cukup dan kualitasnya pun tidak jauh berbeda dengan pemain yang ada, bahkan mungkin lebih baik dari beberapa pemain,” jelasnya. Namun meskipun demikian, Hartono menyebut bisa memahami keputusan Luis Milla yang akhirnya tidak memanggil 1 pemain SFC di skuad timnas. “Sebagai pelatih saya sangat mengerti posisinya, tentu ada pertimbangan lain, seperti kebutuhan strategi atau selera. Jadi tidak masalah, timnas adalah kebanggan dan mewakili bangsa Indonesia, jadi sudah sepatutnya kita dukung,” pungkasnya. (dedi)

Artikel Terkait