Palembang- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani bersama Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Syafruddin dan Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Nasrun Umar menyaksikan sejumlah Pertandingan di Asian Games Palembang.
Menko Puan Maharani dan CdM Indonesia Syafruddin tiba di Palembang, Selasa pagi (21/8) disambut Sekda Provinsi Sumsel Nasrun Umar dan  sekitar pukul 08.00 WIB langsung menuju Jakabaring Sport City (JSC).
Mulai dari mengunjungi venue Sepak Takraw menyaksikan pertandingan Sepak Takraw Putri antara Indonesia melawan tim Malaysia. Kemudian berlanjut ke venue Volly Pantai hingga kesejumlah venue lainnya. Di venue Bowling Puan Maharani dan Gubernur Alex Noerdin sempat mencoba bermain bowling.
Sesuai jadwal yang dikeluarkan penyelenggara, hari ini (21/8) atlet Tim Indonesia yang akan bertanding di Jakabaring Sport City antara lain, cabang olahraga bola voli pantai, dayung, menembak, sepak takraw, dan tenis. Untuk cabang olahraga dayung, Kontingen Indonesia diantaranya akan menurunkan Yuliawati Dewi, pedayung tunggal putri.
Perhelatan Asian Games 2018 di Palembang digelar di 14 venue yang terkonsentrasi di Jakabaring Sport City. Pada Asian Games 2018, jumlah kontingen Indonesia mencapai 1.356 orang, dengan perincian 938 atlet, 338 ofisial dan 80 headquarter. Jumlah ini adalah yang terbesar sepanjang Indonesia mengikuti pesta olahraga Asian Games.
Sementara itu, selain mendampingi Menteri menyaksikan pertandingan, Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan Sekda Provinsi Susmel Nasrun Umar tampah sehari penuh berada di JSC untuk mengawal dan memastikan setiap harinya Asian Games berjalan sukses dan lancar.
Bahkan, Sekda Provinsi Sumsel H. Nasrun Umar sempat menggelar rapat Internal bersama direktorat transportasi membahas beberapa isu yang berkembang  salaj satunya transportasi yang mendominasi complain dari beberapa peserta atlet maupun official Asian Games.
“Untuk itu sesuai kapasitas saya yang diberikan oleh Gubernur Sumsel pada hari ini saya kembali membuat sesuatu meeting rapat internal dari direktorat transportasi agar kami dapat mengantisipasi apa yang menjadi keluhan para peserta Asian Games yang ada di Jakabaring ini,” ungkap Nasrun Umar
Beberapa hal yang saya lakukan adalah sekarang akan ditempatkan venue yang terdiri dari 13 cabor itu ada beberapa golf car dengan tipe 14 penumpang yang penempatan dan jumlahnya ditentukan dengan perhitungan.
“Kami antisipasi terhadap jumlah peserta pada cabor yang bersangkutan dan itu sudah saya berikan arahan kepada tim transportasi kemudian suttle buss saya akan lebih efektifkan kembali,” ujar Nasrun.
“Terus terang suttle bus yang terdiri dari 17 unit yang ada di dalam lingkungan JSC ini menurut hitungan kami dari direktorat transportasi bahwa itu memang jauh dari cukup sebetulnya,” lanjutnya.
Mengatasi permasalahan tersebut, sudah dilakukan antisipasi dengan bekoordinasi dengan pihak Pemkot Palembang untuk melakukan penambahan armada sebanyak 10 Bus. Dengan tambhan 10 ini diharapkan shutlle bus dapat berfungsi dengan baik dan dapat mengambil penumpang pada kantong-kantong dimana selain venue olahraga juga pada posisi penumpukan penumpang seperti misalnya di tikungan plaza.
“Selain dari pada itu untuk gate masuk itu kita standbykan. Malam nanti saya akan briefing terhadap beberapa personil yang terkait langsung terhadap sistem transportasi Asian Games di Jakabaring. Saya punya prinsip apa yang diberikan, apa yang sudah di distribusikan kepada kami harus dioptimlisasikan, seoptimal mungkin,” pungkasnya.

Artikel Terkait