PALEMBANG – Keluarga menjadi faktor utama dalam pendidikan dan pembentukan karakter anak baik di sekolah maupun di luar sekolah. Hal ini membuat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Palembang menjalin silaturahmi dengan para orang tua siswa.

Pada event Penguatan Pendidikan Keluarga Meningkatkan Kapasitas Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak di Aula SMK Negeri 3 Palembang.

Dikatakan, Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel, Bonny Safrian, pendidikan keluarga sangat penting mengingat remaja saat ini sudah tertunduk dengan gadget yang mulai melenceng penggunaannya. Filter penguatan seorang anak harus digodok sejak dini dalam pendidikan keluarga.

“Gadget adalah tantangan paling berat saat ini. Makanya, saya pesankan kepada para orang tua bisa membatasi dan memberi pengertian tentang penggunaannya,” jelas Bonny usai membuka pertemuan dengan orang tua siswa, Kamis (10/08).

Hal tersebut cukup beralasan menurut  Bonny lantaran seorang remaja banyak bergaul di lingkungan luar ketimbang di rumah.

“Misalnya siswa bolos dan lain sebagainya. Ini kan harus terjalin komunikasi antara wali siswa dan juga guru,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 3 Palembang, Hernawati mengatakan, program pendidikan keluarga di SMKN 3 Palembang sudah berjalan dua tahun ini, peran orang tua sangat diharapkan sekali agar ada nilai karakter dirumah.

“Ini tahun kedua kita menjalankan program ini. Agar ada kontribusi serta peran orang tua dalam mendidik siswa, serta orang tua dan wali murid ada komunikasi,” jelasnya.

Lanjutnya, setelah ini para orang tua akan mengunjungi kelas dimana anaknya belajar. Agar mereka bisa melihat langsung proses belajar anaknya.

“Untuk kelanjutannya nanti orang tua dan wali kelas bisa bertukar nomor HP untuk komunikasi lebih lanjut. Kita ingin ada kontribusi orang tua dalam pendidikan anak ini. Karena secara psikologis efeknya ada karena ini kita galakkan sejak tahun lalu” tukasnya. (dil)

Artikel Terkait