HIDROGEN — Buah dari kunjungan kerja Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin ke Eropa berbicara pada The Oslo Exchange REDD+ di Oslo, Norwegia pada 14 -15 Juni 2016 dan ke Kopenhagen, Denmark melihat dan mencoba mobil berbahan bakar hidrogen, Gubernur Sumsel mengadakan pertemuan dengan Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) Anis Saggaff bersama sejumlah staf pengajar di Griya Agung, Rabu (22/6).
Kepada para akademisi Unsri, Alex Noerdin memaparkan tentang teknologi mobil hidrogen yang akan dipakai sebagai transportasi pada Asian Games XVIII yang akan berlangsung 18 Agustus 2018.
Menurut Gubernur Sumsel,mobil hidrogen merupakan teknologi masa depan. Dari hasil riset puluhan tahun sekarang sudah ada aplikasi dan sudah bisa digunakan untuk tambahan pada mobil-mobil pabrikan, seperti BMW, Mercedes Benz, Honda dan Toyota. “Saya mencoba mobil electrik, mobil listrik merek Renault ditambah dengan daya delajahnya mulai dari 80 km menjadi 401 Km,” katanya.
Alex Noerdin menjelaskan,  Provinsi Sumatera Selatan memiliki komplek Jakabaring Sport City (JSC) untuk Asian Games dan menjadikannya sebagai Green Sport City. Untuk pasokan listrik di JSC digunakan solar power plant atau pembangkit listrik tenaga surya, airnya tinggal langsung diminum dari keran, kendaraan yang boleh masuk hanya kendaraan tanpa emisi karbon yang tidak menggunakan bahan bakar fosil.
“Mereka tertarik dengan yang ada di Jakabaring, lalu mereka mengundang ke Kopenhagen untuk  mencoba mobil Renault. Nanti ini akan kita terapkan di JSC lalu akan meluas kemana-mana, di Kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan serta Indonesia. Untuk pengembangannya kita perlu kerjasama dengan Unsri sehingga Unsri nanti menjadi world class university internasional,” ujar Alex Noerdin.
Sementara itu Rektor Unsri Anis Saggaff menyambut baik ide Gubernur Sumsel tersebut.  “Ini langkah yang sangat jauh, Insy Allah Unsri memiliki ahli di bidang fosil dan teknologi energi. Kita akan dukung dan kita sambut baik dan mudahan-mudahan niat baik Gubernur Sumsel bersama Unsri menjadi kenyataan dengan waktu yang tidak lama,” katanya. (ril/ Foto Humas Pemprov Sumsel)

RelatedPost