PALEMBANG — Kesamaan budaya sebagai sesama bangsa Melayu membuat negeri jiran Singapura tertarik menanamkan investasinya di Sumatera Selatan.

Untuk mewujudkan kerjasama investasi tersebut, Menteri Negara Untuk Luar Negeri Singapura DR. Mohamad Maliki Osman mengunjungi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk bertemu langsung dengan Gubernur Alex Noerdin.

DR. Mohamad Maliki Osman, Rabu (27/7) mengungkapkan bahwa Singapura Tertarik berinvestasi karena Sumsel memiliki banyak potensi dan saat ini progres pembangunannya luar biasa. “Saya baru pertama kali ke Palembang dan saya lihat kota ini sangat sibuk dengan pembangunannya. Kemudian saya juga sudah melihat proyek Tanjung Api Api. Ini bisa jadi peluang kerjasama dan kami tertarik berinvestasi di sini,” katanya.

Selain karena faktor pembangunan yang sedang berkembang di Sumsel terutama Palembang, DR. Osman juga melihat bahwa persamaan budaya juga menjadi faktor pendorong dan tidak menutup kemungkinan juga akan melakukan kerjasama di bidang tersebut.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin menjelaskan, Singapura merupakan salah satu negara teladan dan layak dijadikan mitra kerjasama di bidang pembangunan.

Meskipun Singapura merupakan negara kota kecil dan tidak memiliki Sumber Daya Alam (SDA), namun Alex menaruh kagum karena negara tersebut mampu menjadi negara industri terdepan di Asia Tenggara.

Pun dengan sektor pariwisata, negeri Singa tersebut sangat unggul dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 15 juta setiap tahunnya, hampir dua kali lipat kunjungan wisman ke Indonesia.

“Itulah mengapa kita perlu belajar dan bekerjasama dengan Singapura karena meski negara kecil, tidak punya kekayaan alam, tapi mereka sangat maju. Kita ingin Sumsel seperti Singapura dan lebih dari mereka karena kita punya segalanya,” tegas Alex. (juniara)

Related Post