PALEMBANG — Menghadapi Arema Cronus, Kamis (8/12) di stadon Kanjuruhan Malang, Sriwijaya FC punya masalah di bagian lini pertahanan. Pasalnya, palang pintu tangguh yakni Mauricio Leal belum dapat dipastikan bermain karena masih dalam proses pemulihan cedera yang dialaminya di laga terakhir melawan Barito Putera (28/11) lalu.

Pemain asing asal Brasil ini sendiri dalam 2 sesi latihan yang digelar di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring juga terlihat masih dalam pengawasan tim fisioterapi SFC dan menjalani latihan terpisah dengan pemain lainnya. Menurut Sigit Pramudya, fisioterapi SFC kondisi Mauricio saat ini terus membaik dan menunjukkan peningkatan.

“Kondisinya sudah sekitar 80 persen dan sekarang bukan dalam masa pemulihan. Karena secara umum sudah terlihat sehat, bisa berjalan dan berlatih ringan. Jadi tinggal proses penguatan, masih ada waktu sebelum laga melawan Arema nanti dan kita masih tunggu, tetapi jika melihat kondisinya sejauh ini maka peluangnya untuk bermain cukup terbuka lebar,” jelasnya saat ditemui di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Minggu (4/12) sore.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Mauricio menjelaskan bahwa dirinya optimis saat melawan Arema nanti akan dapat turun bermain. “Kemarin usai pertandingan memang sangat terasa sakit di bagian paha kanan, namun sekarang sudah jauh membaik. Saya sudah bisa sprint jarak pendek dan latihan seperti biasa, tetapi masih ada rasa nyeri sedikit. Namun dalam 1-2 hari saya yakin bisa berlatih penuh bersama pemain yang lain,” ujar pemain yang sudah menyumbangkan 2 gol untuk SFC ini.

Sementara itu, pelatih SFC Widodo C Putro mengatakan pihaknya masih akan menunggu perkembangan terakhir mengenai kondisi Mauricio. Namun dirinya sudah menyiapkan duet Achmad Jufrianto dan Ngurah Nanak sebagai alternatif bila nanti kondisi Mauricio belum benar-benar pulih di hari pertandingan.

“Secara kualitas, Nanak dan Jupe pemain yang sangat baik di posisi stopper. Memang di awal-awal musim Jupe banyak dimainkan sebagai gelandang bertahan, namun posisi aslinya adalah stopper dan belakangan saat dikembalikan di posisi tersebut juga tidak tampil buruk. Yang jelas kami hanya akan menurunkan pemain yang siap secara fisik dan mental saat melawan Arema nanti,” ungkap eks asisten pelatih timnas ini.

Selain itu, SFC juga masih memiliki Andes Adinata sebagai pemain yang dapat dimainkan sebagai stopper nantinya. Namun karena masih muda dan minim pengalaman, Andes memang belum mendapat kepercayaan dan saat debutnya melawan Barito kemarin juga dimasukkan untuk mengisi posisi gelandang bertahan menggantikan Achmad Jufrianto yang ditarik ke stopper mengisi posisi Mauricio yang terkena cedera. (Dedi)

RelatedPost