Palembang, Laskarwongkito.com-Manajemen Sriwijaya FC menyatakan akan mengumumkan hasil evaluasi terhadap skuad laskar wong kito, Jumat (13/7). Dalam pengumuman ini, nasib sejumlah pemain dan juga jajaran pelatih akan diputuskan.

“Sebenarnya tidak terlalu terlambat, karena kemarin kita memang masih fokus ke 2 pertandingan kandang terlebih dulu. Selain itu, tentu evaluasi ini harus dibahas secara komprehensif dan muaranya untuk perbaikan tim kedepannya,” ungkap asisten manajer SFC Ahmad Haris saat dihubungi Kamis (12/7) sore.

Menurutnya, dalam proses pembahasan evaluasi selama ini, pihaknya memang mempertimbangkan banyak aspek dan tidak hanya melihat performa di lapangan semata. “Yang jelas kami ingin pemain yang totalitas untuk tim dan lebih memberikan ruang kepada putera daerah,” jelasnya.

Meski belum dirilis secara resmi, namun sejumlah nama santer terus disebut akan masuk daftar evaluasi kali ini. Mulai dari kapten tim Hamka Hamzah, Adam Alis, Alfin Tuasalamony, Novan Sasongko, Bio Paulin, Patrich Wanggai, Rahmad Hidayat hingga yang terakhir duo Mali, Makan Konate dan Mohamadou Ndiaye. Lalu kemana para pemain ini akan berlabuh?

Melihat kualitasnya, tentu tidak sulit bagi para pemain di atas untuk menemukan klub baru. Namun Arema FC menjadi klub terdepan yang akan menampung sejumlah pemain di atas. Apalagi petinggi klub asal Malang tersebut disebut dikabarkan telah bertemu langsung dengan manajemen SFC di Palembang guna membicarakan mekanisme kepindahan pemain di bursa transfer ini. Selain Arema FC, Bali United, Borneo FC dan Bali United dikabarkan juga akan merekrut pemain yang dilepas oleh SFC ini. Sejumlah pemain bahkan diklaim telah mengantongi kesepakatan dan tinggal diumumkan secara resmi terkait kepindahannya nantinya.

Selain pelatih, nasib tim pelatih SFC juga akan segera menemui titik terang dan saat laga lanjutan kontra Mitra Kukar, Selasa (17/7) mendatang kemungkinan sudah tidak akan dipimpin oleh Rahmad Darmawan. Hal ini pun semakin diperjelas saat para pemain yang dimaksud berpamitan kepada seluruh anggota tim lainnya usai sesi latihan di stadion GSJ, Kamis (12/7) sore. Dipimpin oleh Hamka Hamzah, para pemain yang disebut akan masuk dalam daftar evaluasi bersalaman dan pamit kepada rekannya yang lain serta jajaran pelatih serta official.

“Hal ini memang tidak bisa ditutupi lagi dan sudah terang benderang. Pagi hari sebelum laga melawan Persija (10/7) kemarin, para pemain yang dirumorkan masuk evaluasi sudah melakukan negosiasi. Dalam perkembangannya memang ada 9 pemain yang resmi ditawarkan kepada klub lain, selain itu juga ada 3 pelatih serta 2 official yang juga terkena evaluasi. Untuk pemain sendiri semuanya sudah menerima surat keluar sehingga sudah bisa disebut bukan pemain SFC lagi,” ujar RD saat ditemui usai sesi latihan.

Eks pelatih timnas U23 ini sendiri menyebut cukup kaget akan situasi ini. “Tadi saya juga sedikit bingung saat mereka pamitan, kalau ditanya mengapa mungkin nanti jajaran direksi PT SOM yang akan menjelaskannya. Saya sendiri dan pemain merasa sudah memberikan semuanya, kami masih bekerja di jalur yang tepat, tidak ada cacar di sebuah pertandingan atau diluar, tetapi semua kewenangan ada di manajemen dan saya berterima kasih, datang dan pergi itu hal yang biasa,” bebernya.

RD sendiri menyatakan bahwa terkait nasibnya sendiri, dirinya akan melakukan pertemuan dengan manajemen, Kamis (12/7) malam. “Malam ini (Kamis, 12/7) saya akan bertemu manajemen dan mengkonfirmasi hal ini, kemarin saat isu ini mencuat saya sudah ingin bertemu namun belum jadi. Awalnya saya sendiri ingin menyelesaikan hingga putaran pertama berakhir dan tentu menyelesaikan kontrak, saya ingin datang dan pergi dengan baik-baik. Karena siapa yang bisa mengetahui apa yang terjadi kedepan, saya kembali ke klub yang sudah pernah dilatih itu bukan hal baru, di SFC saya 2 kali, sementara di Persija pernah 3 kali melatih. Komitmen saya hanya ingin membangun SFC dengan target yang dibebankan sebelumnya yakni 3 besar di tahun pertama dan juara di musim berikutnya, sejauh ini kami pun masih berada di papan atas,” pungkasnya.

 

Artikel Terkait