Laskarwongkito.com – Kalian pengen belanja tapi gak mau menguras dompet dan barangnya berkualitas? Kalau warga Palembang sih, pasti balik-baliknya ke Pasar 16. Di pasar yang terkenal di Palembang ini, sangat banyak dijual kebutuhan sehari-hari. Sehingga selalu ramai didatangi warga Palembang  yang mau berbelanja.

Meski begitu, untuk bisa mendapatkan barang bagus dengan harga miring, tentu saja tidak mudah. Ada tips-trik yang musti diperhatikan. Apa saja itu? Yuk, Tim LWK bakal kasih tipsnya untuk kalian,  nih dia..

 1. Butuh tenaga ekstra

pasar 16 dr ampera

(sumber foto: 3.bp.blogspot.com)

Jangan bermimpi kamu bisa melihat setiap sudut Pasar 16 dalam satu hari, sambil nanya-nanya harga. Soalnya Pasar 16 itu luas banget, Say! Minimal, kamu musti dalam keadaan sehat dan fit – baik secara fisik maupun jasmani. Adu otot kaki karena musti jalan, dan adu urat leher, guna menawar barang yang diinginkan semiring mungkin. Siap?

 2.  Bawa uang secukupnya

6showbaaz-com-b80fc4080bf92f9f8a017afbcb70ee40

(sumber foto: cdn.idntimes.com)

 

Banyak sekali barang menarik dan baru-baru serta unik, di lapak-lapak pedagang Pasar 16 Ilir ini. Karena memang, di sinilah pintu sentral segala barang sebelum dibawa ke toko-toko lain di Palembang dan di luar Palembang. Saran kami, bawa duit secukupnya saja.

Godaan sangat berat di sini, apalagi buat kamu yang kalau belanja suka kelewatan padahal isi dompet tipis. Karena, semua benda dijual di Pasar 16. Mulai dari perlengkapan rumah tangga, barang-barang eletronik, baju, lauk-pauk dan sayur mayur, bahkan buku pun dijual di sini.

 3. Skill menawar berperan penting

Bargaining

(sumber foto: www.thetimesinplainenglish.com)

Jangan pikir pedagang Pasar 16 mudah dirayu, asal kalian tahu mereka juga sudah expert banget dalam melawan pembeli yang suka menawar keterlaluan!  Sarannya, datanglah pagi-pagi ketika baru buka dan menawarlah sewajarnya. Niscaya, walaupun agak sudikit di bawah margin keuntungannya, mereka akan suka-tidak-suka akan memberikan harga yang disepakati. Karena mereka percaya, pembeli pertama itu penglaris, jika ditolak bisa sepi seharian. Hehe..

 4. Persiapkan gendang telinga

(sumber foto: hellopalembang.com)

Untuk bejaga-jaga, latihlah pendengaran kamu terlebih dahulu sebelum mendengar teriakan para pedagang kaki lima di Pasar 16. Misalnya mendengarkan lagu beraliran keras, seperti lagu-lagu dari Slipknot dan Metalica.

But why? Pasalnya, mereka seringkali sengaja menaik-turunkan intonasi suara biar ‘menjebak’ pembeli dengan harga. Jadi dengar baik-baik ya. Apalagi suara pasar 16 itu benar-benar hiruk-pikuk, bising dengan segala macam suara. Apalagi menjelang siang, panas terik bisa mempengaruhi konsentrasi kamu.

 5. Bawa asisten belanja

sepele15413c3

(sumber foto: cdn.klimg.com)

 

Barang belanjaan nggak mungkin sedikit, maka dari itu mendingan kamu ajak temen atau pasangan kamu untuk nemenin kamu belanja. Kan lumayan ada bantuan buat bawa barang belanjaan. Sekalian jadi guard jika ada orang yang mencoba melakukan aksi kejahatan, copet misalnya. (dil/red)

Artikel Terkait