Laskarwongkito — Benar kata orang, bicara itu lebih mudah dari pada melakukan. Dan begitu juga dengan berjanji. Kayak caleg, saat berjanji nikmatnya tiada tara. Namun giliran menepati, susahnya minta ampun. Butuh komitmen kuat untuk melakukan apa yang diucapkan.

Seringkali ucapan-ucapan itu menjadi gombal, saat terlalu tinggi ekspetasi yang diimpikan. Baik itu kepada diri sendiri, lebih-lebih kepada orang lain. Dan pastinya, kedua-duanya tidak mengenakkan!

Mungkin kamu sering dengar sebutan PHP alias Pemberi Harapan Palsu? Nah, di bawah ini ada lima mitos PHP, yang seringkali terbetik oleh lisan sendiri atau terdengar dari mulut orang lain untuk kita. Apa saja itu? Yuk disimak..

1. Besok Gue Diet

gambar-janji-deh-besok-gue-diet-tapi-ngomongnya-tiap-hari

(sumber foto: bp.blogspot.com)

Ini biasanya terjadi pada cewek ndut ndut ndut (nada Mario Bros). Banyak banget cewek yang hobi makan tapi cita-citanya pengen kurus. Itulah yang terjadi saat ini kalo ada teman kamu yang bilang ‘besok gue diet’, kenyataannya besok akan selalu jadi besok. Seharusnya kamu nggak terpengaruh dengan ucapannya, tapi jika terdengar setiap hari dan dalam momen yang serupa? Kan jadinya jengah juga.

Kalu sudah seperti itu, sebaiknya kamu rekam omongannya!

2. Gue OTW

c4933487e35bf8a82f78e6af125de8b1

(sumber foto: s-media-cache-ak0.pinimg.com)

Ini dosa yang paling banyak dilakukan oleh umat manusia zaman sekarang. Hehe.. Pasalnya, bukannya sudah ingat-ingat akan janji dari jauh-jauh hari, giliran dihubungi, baru keinget dan nggak enak jika harus ngomong lupa atau berbohong dengan alasan lain.

Akhirnya, yang terucap kata-kata pemungkas “Gue udah OTW!” alias on the way alias lagi di jalan. Jawaban terdesak yang muncul saat kamu ditanya temen “Udah dimana?”. Padahal sejatinya kamu baru bangun tidur. Atau tersadar dengan janji yang sudah dibuat.

Ah, pikir positif saja. Mungkin yang kamu maksud itu OTW bangun tidur, OTW kamar mandi, OTW pake baju, OTW makan dulu bla-bla.. Tapi sedikit banget yang lagi OTW sebenarnya.

3. “Aku Sayang Kamu Apa Adanya.”

Gambar-DP-BBM-Kata-Kata-Aku-Cinta-Kamu-Romantis-13

(sumber foto: bp.blogspot.com)

Inilah rayuan gombal bin maut yang bikin para alay jenis cabe-cabean megap-megap mendengarnya. Berbeda buat yang pengalaman pernah di-PHP-in, ini termasuk kalimat yang paling munafik! Bagaimana tidak, kalimat ini hanya terlontar dari mulut-mulut gombalers, yang mencoba merayu demi ‘mendapatkan’ sesuatu dari pasangannya. Waspadalah-waspadalah!

4. Pakai Uang Lo dulu nanti gue ganti

pake duit loe dulu

(sumber foto: bp.blogspot.com)

“Pakai uang lo dulu ntar gue ganti” adalah kalimat yang paling sering kamu denger pas temen kamu nggak bawa dompet selesai makan dikantin. Nantinya itu bisa nanti kapan-kapan! Padahal maksud sejatinya sih dari kalimat itu, kepengen ditraktir tapi malu menungkapkan langsung.

5. Janji Ketemuan ala Cewek

meme batal janji

(sumber foto: cdns.klimg.com)

Ketika chatingan di grup :

Sesi I

Dila : Eh lo sombong banget sih, kapan bisa nongkrong bareng lagi?

Ara : Iya nih kangen ya dah lama gak ketemu

Nia : Gimana kalau minggu sore aja?

Dila : Iya boleh tuh gue juga available

Ara : Gue juga bisa kok

Dila : Ya udah fix ya minggu sore”

Sesi II – Pas hari H.

Dila : Jadi gak nih ketemuannya

Ara : Jadi dong, sore ini ya

Dila : Eh Nia ke mana?

*hening*

Dila : Guys gue udah siap-siap nih, kalian gimana?

Nia: Guys sori banget, kucing gue keselek ikan abis denger pacarnya selingkuh, jd gue mau ke RS kucing dulu gpp ya

Ara: Duh gue juga nih, nyokap gue ngajak bersihin selokan belakang rumah, jd gue bantu nyokap dulu ya

Dila : *Banting kulkas

Ditarik dari percakapan diatas, pertemuan cewek-cewek yang ngakunya mau reuni, kangen dan apalah itu biasanya 89% hanyalah ‘tahayul’ semata. Jadi buat kalian para wanita, plis kalau mau ketemu ya ketemuan aja, gak usah banyak planning. Hehe.. (nb: kesamaan nama dan tempat hanya kebetulan semata)

Nah, itulah lima ‘mitos’ yang menjadi catatan ‘dosa’ anak-anak manusia kekinian. Bohong, kalau kamu nggak ngalamin minimal satu dari lima kasus di atas. Yuk, kembali ke fitrah lagi. Inget kalo janji adalah hutang, ia juga adalah amanah yang harus dibayar atau ditunaikan. (dil/red)

Artikel Terkait