Laskarwongkito.com — Jalan-jalan ke BKB paling asik sama temen-temen, keluarga ataupun sohib akrab kamu. Pelataran BKB yang terkenal di Palembang ini sangat ramai dikunjungi sore hingga malam hari. Berjam-jam di sana kalian gak akan bosen deh guys, karena selain Sungai Musi, kalian bisa melihat indah dan aggunnya jembatan Ampera, terutama saat jam malam jembatan Ampera dikelilingi lampu warna-warni yang sangat keren buat selfi. Gak bawak makanan? Takut kelaperan? Gak usah khawatir guys, disekitar pelataran BKB dikelilingi banyak restoran dan tempat nongki. Tapi bagi kalian yang gak mau merogoh kocek yang besar, tim LWK bakal kasih lima jajanan yang ada di BKB, dijamin murah deh guys.. yuk intip!

1. Kemplang Keliling

kemplangbakar

(Sumber foto: bp.blogspot.com)

Jajanan yang terbuat dari adonan ikan yang di jemur kemudian di panggang ini merupakan salah satu jajanan khas Palembang yang sangat enak selain pempek. Di BKB jajanan ini sering kita lihat, penjualnya kebanyakan ibu-ibu dengan membawa kantung kemplang, sebotol saus cuka  khas dan membawa ember berisi minuman yang dijual. Harga satuan kemplang di jual seribu rupiah. Lumayan ya buat kitis-kitis..

2. Mie Tektek

mie

(Sumber foto: bp.blogspot.com)

Mie tektek adalah jajanan yang sudah sangat lama dijajaki di BKB. Dulu penjualnya memenuhi dari ujung ke ujung BKB, namun sekarang karena penertiban wilayah pelatarn BKB membuat penjualnya harus bergeser ke sebelah river side. Namun jangan khawatir tidak bisa melihat Jembatan Ampera dan Sungai Musi, karena letaknya tetap tidak berjauhan dari pelataran BKB. Harga permangkuk mie tektek hanya 10ribu saja.

3. Pempek Keliling atau Pempek Bakul

pempek-bakul

(Sumber foto: coffeeoriental.files.wordpress.com)

Nah kalau makanan ini sih kalian pasti gak akan susah nemuinnya di Palembang guys. Pempek keliling memang sudah sangat banyak dijual di manapun sudut kota Palembang. Namanya aja kota pempek ya kan? Biasanya sang penjual membawa satu wadah besar yang isinya varian pempek khas Palembang. Harganya cuma seribuan saja kok, dijamin kenyang dan rasanya gak kalah sama pempek yang dijual di toko-toko.

4. Warung Terapung

nongkrong-seru-di-warung-terapung-j19

(Sumber foto: sindonews.net)

Kalau warung yang satu ini terletak di tepi sungai musi. Warung ini namanya Warung Apung Mang Ujuk yang memanfaatkan sebuah perahu lalu ditata meja dan kursi yang kira-kira dapat menampung 30 orang. Warung Apung ini menjajakan tekwan, model, lenggang goreng, pisang goreng, risoles dan dos. Dos adalah versi murah dari pempek, karena hanya terbuat dari sagu dan tanpa campuran ikan, harganyapun merakyat hanya seribu rupiah. Warung Apung ini selalu ramai khususnya pada akhir pekan atau hari libur. Banyak anak muda menghabiskan waktu sambil ngemil makanan ringan di atas perahu. Menarik bukan!

5. Lidi-lidian

lidi

(Sumber foto: remaja.suaramerdeka.com)

Jajanan ini sebenarnya merupakan jajanan anak SD guys. Tapi di BKB juga terdapat beberapa penjualnya, karena jenisnya bisa buat nyemil-nyemil nih, jadi kalian yang lagi duduk nongkrong di tepi sungai musi bisa sambil nyemil makanan ini.

Asik bukan, jadi jangan takut kelaparan ya jalan-jalan di pelataran Benteng Kuto Besak. Meski sebenarnya para penjual dilarang oleh Perda kota sehingga membuat mereka berkejaran dengan Satpol PP, yang penting sih kalian jangan sampai ikut mengotori pelataran BKB ya. Sampai jumpa di pelataran BKB ya. (dil/red)

Artikel Terkait