Laskarwongkito.com — Ada yang kangen jajanan SD? Dulu saat jam istirahat, kita suka sekali mampir ke kantin sekolahan untuk beli jajanan yang murah tapi enak. Waktu SD sih emang selain main dan belajar, hal yang paling menyenangkan ialah jajanan kantinnya. Duh bikin ngiler dan jadi pengen flashback ya.
Ada beberapa jajanan SD yang dulu digemari namun sekarang sudah gak ngehits lagi. Mau tau apa aja? Berikut tim LWK kumpulkan lima jajanan bocah yang ngangenin..

1. Gulali

cara-membuat-bunga-dan-boneka-dari-gulali

(Sumber foto: 4.bp.blogspot.com)

“Gulali gulali gulali, gulalinya deeek!”
Masih inget rasanya nggak? Manis-manis gimana gitu. Kadang malah sampai ada yang berasa agak pahit kalau saya dulu. Mungkin ada campuran apanya kali ya.
Nah, gulali ini ada yang lembek, sama ada yang dibentuk-bentuk jadi bermacam karakter. Yang lembek biasanya dikasih taburan coklat meses atau susu cair. Kalau yang dibentuk itu ya dibentuk jadi kuda misalnya.
Tapi kok ya dulu nggak pernah tanya sama abang yang jualan ya, tangannya bersih apa nggak. Kok kayaknya nggak pernah dicuci itu tangannya, hiii.

2. Es Potong

es_potong-spesial

(Sumber foto: 2.bp.blogspot.com)

Es potong ini enak banget deh, nggak kalah sama es krim cap tembok (w*lls), hahaha. Rasanya pun macam-macam, ada rasa coklat, melon, nangka, alpukat, stroberi, vanila dan yang lainnya.
Padahal es potong ini kalau di dalem gerobaknya masih panjang-panjang lho. Mungkin abangnya tau kalau kita itu masih kecil, jadi esnya dipotong biar gampang makannya.
Selain enak, es yang satu ini juga murah dan bikin seger. Makan satu pasti kurang, makan dua duitnya yang kurang, haha.. (itu dulu sih).

3.     Telor  Dadar Bulet

telur-dadar-bulat

(Sumber foto: masfikr.com)

Kenapa dulu nggak kepikiran bawa telur sendiri dari rumah terus minta digorengin sama abang yang jualan ya? Kalau mau goreng sendiri di rumah, cetakannya nggak ada, rasanya pun beda juga.
Kalau kamu pengen cobain lagi telur bulet ini, bisa cobain dateng ke warung yang jual takoyaki tuh. Ntar bilang aja, bang mau numpang goreng telur bentar, buat nostalgia.

4.     Rambut Nenek

cara-membuat-jajanan-gulali-rambut-nenek

(Sumber foto: ramesiamesin.com)

Dinamain rambut nenek mungkin karena warnanya yang putih dan bentuknya kayak rambut kali ya. Sebenernya bahannya juga dari gula nih, tapi nggak tau juga bikinnya gimana. Kalau di tempat saya ada yang bikin dari gulali, pertama ambil gulalinya, lalu ditarik, terus celupin ke tepung, satuin antara ujungnya, celupin ke tepung lagi, gitu terus sampai jadi tipis kayak rambut gitu.

5.     Es Mambo

resep-es-mambo-sirsak

(Sumber foto: 1.bp.blogspot.com)

Es mambo, es yang nggak kalah sama es-es lain yang dari pabrik besar. Terutama di kalangan anak sekolahan yang uang jajannya pas-pasan.
Kalau di tempat saya nyebutnya bukan es mambo, sebutannya es lilin mungkin karena bentuknya seperti lilin tuh ada kayak sumbu di atasnya. Rasanya macem-macem, buatnya pun gampang, cuma sirup terus dibungkus plastik, masukin ke kulkas, tunggu sampai keras, jadi deh.
Yee.. jadi kangen kan pengen balik ke zaman SD dulu. Semoga tulisan ini mampu merawat ingatan kita akan indahnya masa kecil kita dulu. (red/dil)

RelatedPost