Laskarwongkito.com — Mungkin kalian bukan hanya mendengar tapi juga mengalami ketika makan bersama keluarga, teman dan lainnya pasti selalu menyisakan satu makanan. Entah disengaja atau tidak, hal tersebut selalu terjadi berulang kali. Dan biasanya ditutup dengan ucapan, “Wong Palembang nian kau ni, nyisoke sikok..”. Dan biasanya, akan ada satu orang yang akan “pura-pura” setengah terpaksa, menyambar makanan terakhir itu lalu menyantapnya.

Apakah kamu sering mengalaminya? Hehe, perilaku yang unik dan lucu sebenarnya. Tapi pernah nggak memikirkannya, kenapa kebiasaan itu selalu terjadi dan akhirnya menjadi bahan tertawaan bersama? Nah Sob, kali ini tim LWK mencoba mencari alasannya kenapa wong Palembang berperilaku seperti itu.

1. Sudah Kenyang

Blog dd Kenyang

(Sumber foto: bp.blogspot.com)

Alasan yang paling positif sih, karena kalian udah sama-sama kenyang aja. Walaupun agak aneh ya, kok kenyangnya bisa barengan gitu? Tapi ini alasan yang mungkin paling masuk akal. Perut kamu udah gak bisa nampung satu potong lagi. Daripada kamu muntah, mending berhenti di dua potong terakhir kan?

2. Gengsi

15905-4-alasan-orang-menolak-bantuan-kita-095701

(Sumber foto: studentpreneur.co)

Ciri khasnya orang Indonesia nih lebih-lebih wong Palembang, gengsi! Kamu gak mau dibilang rakus sama temen-temen kamu, makanya kamu lebih milih untuk menjaga sikap dengan gak ngambil potongan terakhir. Dan ternyata temen-temen kamu punya pemikiran kayak gitu juga. Sama-sama gengsi. Hehe.., ampun deh, rela lapar demi gengsi.

3. Takut disalahin karena ngabisin

Takut-Disalahin-compressor

(Sumber foto: images.malesbanget.com)

Mungkin kalo diomongin di belakang, kamu gak peduli kali ya. Toh kamu kan gak denger langsung ini kalo dikatain rakus sama yang lain. Tapi gimana kalo mereka malah langsung nunjuk muka kamu ketika ada satu orang yang nanya, “Siapa nih yang ngabisin?” Dan orang (yang nanya) itu ternyata bos kamu. Aaaakkk, horor banget! Jadi mending sisain satu potong aja, buat jaga-jaga takut ada yang gak kebagian.

4. Gak Mau Nyuci Piring

keepo.me-02_11

(Sumber foto: media.keepo.me)

Karena setelah satu potong terakhir itu dilahap sama kamu, berarti orang yang terakhir yang makanlah yang harus menyuci piringnya. Nah, biasanya orang suka males buat nyuci piring kotor, makanya dia memilih berhenti makan aja sebelum makanannya bener-bener habis.

5. Sengaja Biar Rebutan

rebutan-apem

(Sumber foto: cdn2.tstatic.net)

Sengaja biar seru sekalian. Karena momen makan bareng-bareng gini emang bikin kamu jadi makin akrab sama temen. Nah, dengan nyisain satu potong gini, biasanya bakal ada momen rebutan makanan. Siapa cepat dia dapat (lebih banyak).

Biar sepertinya asal-asalan, alasan di atas cukup masuk akal juga ya. Mungkin juga kamu bakal ngaminin dalam hati. Soalnya kamu juga pernah merasa begitu kan? Hayoo.. (red/dil)

Artikel Terkait