Laskarwongkito.com-PSSI mengaku pihaknya sudah menentukan kick-off kompetisi, hal ini dibahas langsung dalam Kongres Tahunan 2019 di Nusa Dua, Bali, Minggu (20/1). Pelaksana Ketua Umum (Plt) PSSI, Joko Driyono, mengumunkan waktu kick off Liga 1 dan Liga 2 2019 yakni pada awal Mei 2019. Keputusan digelarnya kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2019 pada awal Mei mendatang tak lepas dari adanya Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang digelar pada 17 April.

Joko mengatakan bahwa PSSI akan berkomunikasi dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menyelenggarakan kompetisi kasta tertinggi dan kedua di Indonesia itu.

“Agenda event 2019 khusunya Liga 1 dan 2, ditetapkan kick off paling cepat 1 Mei dan paling lambat 8 Mei. [Patokan tanggal Liga 1] ini diikuti Liga 2. Nanti digodok PT LIB [Liga Indonesia Baru] lewat RUPS [Rapat Umum Pemegang Saham] paling lambat dua pekan setelah ini [kongres tahunan PSSI],” ujar Joko dalam konferensi pers kepada para awak media.

Menurut Joko jalannya kongres sebagaimana agenda yang ditetapkan dan usulan para pemilik suara diawali dengan menyetujui laporan aktivitas dan keuangan PSSI. Kongres Tahunan ini juga mendengarkan paparan program PSSI 2019 beserta anggaran, juga penyampaian PT LIB dan Federasi Futsal Indonesia tentang aktivitas 2018 maupun program 2019.

“Kongres juga mendukung keputusan Exco tentang terbentuknya Komite Ad Hoc Integrity. PSSI perlu mengatur struktur, bukti, dan lini waktu [Komite Ad Hoc Integrity]. Komite ini dipimpin Bapak Ahmad Riyadh dan Azwan Karim,” ucap Joko.

Komite Ad Hoc Integrity ii diharapkan bisa membangun sinergi khusus dengan pihak kepolisian. Seperti FIFA yang bersinergi dengan Interpol agar cita-cita melindungi sepak bola bisa terpenuhi.

“Paling lambat dua pekan mendatang akan dimunculkan/ditentukan anggota-anggota [Komite Ad Hoc Integrity], lalu kemudian ditetapkan Exco. Komite ini untuk integritas sepak bola, memerangi match fixing, dan seterusnya,” tutur Joko. (Red/ril)

 

RelatedPost