PALEMBANG¬†— Konferensi Internasional yang diselenggarakan oleh Universitas Palembang, Rabu (07/9) di hotel Grand Zuri diharapkan dapat memberikan ide segar kepada pemerintah untuk pembangunan di Sumsel. Selain itu juga bisa menjadi wadah memperkenalkan Sumsel dimata negara lain.

Hal tersebut diungkapkan oleh Asisten II bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Sumatera Selatan, Yohanes H Toruan. Katanya dalam konferensi internasional tersebut tentu banyak peserta dari luar yang bisa menyumbangkan ide dan gagasannya agar pembangunan di Sumsel bisa berkelanjutan. “Bukan berarti orang luar lebih hebat tetapi paling tidak ada pandangan secara objektif,” katanya.

Terpisah, Rektor Unpal, Zulkifli S Mukti mengungkapkan konferensi tersebut merupakan langkah untuk menyetarakan dan mengembangkan pendidikan Sumatera Selatan agar sejajar dengan negara lain.

Menurutnya, konferensi internasional yang dihadiri oleh berbagai negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Myanmar, Vietnam, Jepang dan Indonesia dapat menjadi wadah untuk menyumbangkan ide dan pikiran seluas-luasnya dalam bentuk makalah.

Diakui Zulkifli, di Palembang memang masih banyak orang dalam jenjang pendidikan berkelanjutan dan dalam jenjang ini ada yang namanya langkah yaitu penyeleksian jurnal internasional. “Semoga saja konferensi ini bisa membantu,” harapnya.

Masih kata Zulkifli, mungkin dalam sehari dua hari, makalah yang dikumpulkan peserta akan diberikan penilaian oleh pakar yang diundang dalam konferensi internasional tersebut dan akan dimasukkan ke dalam tulisan jurnal Internasional. “Selain itu, hasil konferensi ini juga akan merumuskan pembangunan berkelanjutan tetapi seimbang,” ungkapnya. (juniara)

Related Post